Vikry's Site: Detail Kerumitan Proses Pembuatan Processor
Mangga Lebet
alart script buat jail. donlot disini





[Clos]

.

Inilah blog saya, Fiqri Fadlillah Mubarok. Bacalah sesuai aturan, no "copas". Selamat baca. Have Fun. Thanks

.

.

.

.

Detail Kerumitan Proses Pembuatan Processor





Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor inilah sebagai salah satu dari hal yang paling utama mempengaruhi kecepatan kinerja komputer. Sekarang akan dibahas mengenai proses pembuatan processor yang sangatlah rumit dan menjalani proses yang panjang, dari bahan yang digunakan, persyaratan materil serta harus melewati uji kelayakan, dapat sama-sama kita simak dalam ulasan berikut. Namun, tetaplah yang disampaikan pada artikel ini bukanlah mencakup keseluruhan dari proses, melainkan proses yang dirangkum secara umum dan walau demikian proses yang digambarkan berikut tetaplah berkesan rumit dan detil, karena begitulah faktanya saat pembuatan benda unik yang satu ini. Inilah proses dari awal pembuatan processor sebelum pada akhirnya diedarkan di pasaran.

Pasir, seperempat bagiannya terbentuk dari silikon, yakni unsur kimia yang paling berlimpah di muka bumi ini setelah oksigen. Pasir (terutama quartz) mempunyai persentase silikon yang tinggi di dalam bentuk Silicon Dioxide (SiO2) dan pasir merupakan bahan pokok untuk memproduksi semiconductor.

Setelah memperoleh mentahan dari pasir dan memisahkan silikonnya, materil yang kelebihan dibuang. Lalu, silikon dimurnikan secara bertahap hingga mencapai kualitas semiconductor manufacturing quality, atau biasa disebut electronic grade silicon. Pemurnian ini menghasilkan sesuatu yang sangat dahsyat dimanaelectronic grade silicon hanya boleh memiliki satu alien atom di tiap satu milyar atom silikon. Setelah tahap pemurnian silikon selesai, silikon memasuki fase peleburan. Dari gambar di atas, kita bisa melihat bagaimana kristal yang berukuran besar muncul dari silikon yang dileburkan. Hasilnya adalah kristal tunggal yang disebut ingot.

Kristal tunggal ingot ini terbentuk dari electronic grade silicon. Besar satu buah ingot kira-kira 100 Kilogram atau 220 pounds, dan memiliki tingkat kemurnian silikon hingga 99,9999 persen.

Setelah itu, ingot memasuki tahap pengirisan. ingot di iris tipis hingga menghasilkan silicon discs, yang disebut dengan wafers. Beberapa ingot dapat berdiri hingga 5 kaki. Ingot juga memiliki ukuran diameter yang berbeda tergantung seberapa besar ukuran wafers yang diperlukan. CPU jaman sekarang biasanya membutuhkan wafers dengan ukuran 300 mm.

Setelah diiris, wafers dipoles hingga benar-benar mulus sempurna, permukaannya menjadi seperti cermin yang sangat-sangat halus. Kenyataannya, Intel tidak memproduksi sendiri ingots dan wafers, melainkan Intel membelinya dari perusahaan third-party. Processor Intel dengan teknologi 45nm, menggunakan wafersdengan ukuran 300mm (12 inch), sedangkan saat pertama kali Intel membuat Chip, Intel menggunakanwafers dengan ukuran 50mm (2 inch).

Cairan biru seperti yang terlihat pada gambar di atas, adalah Photo Resist seperti yang digunakan pada film pada fotografi. Wafers diputar dalam tahap ini supaya lapisannya dapat merata halus dan tipis

Di dalam fase ini, photo resist disinari cahaya ultra violet. Reaksi kimia yang terjadi dalam proses ini mirip dengan film kamera yang terjadi pada saat kita menekan shutter (Jepret!).
Daerah paling kuat atau tahan di wafer menjadi fleksibel dan rapuh akibat efek dari sinar ultra violet. Pencahayaan menjadi berhasil dengan menggunakan pelindung yang berfungsi seperti stensil. Saat disinari sinar ultra violet, lapisan pelindung membuat pola sirkuit. Di dalam pembuatan Processor, sangat penting dan utama untuk mengulangi proses ini berulang-ulang hingga lapisan-lapisannya berada di atas lapisan bawahnya, begitu seterusnya.
Lensa di tengah berfungsi untuk mengecilkan cahaya menjadi sebuah fokus yang berukuran kecil.

Dari gambar di atas, kita dapat gambaran bagaimana jika satu buah transistor kita lihat dengan mata telanjang. Transistor berfungsi seperti saklar, mengendalikan aliran arus listrik di dalam chip komputer. Peneliti Intel telah mengembangkan transistor menjadi sangat kecil sehingga sekitar 30 juta transistor dapat menancap di ujung pin.

Setelah disinari sinar ultra violet, bidang photo resist benar-benar hancur lebur. Gambar di atas menampakan pola photo resist yang tercipta dari lapisan pelindung. Pola ini merupakan awal dari transistor, interconnects, dan hal yang berhubungan dengan listrik berawal dari sini.
Meskipun bidangnya hancur, lapisan photo resist masih melindungi materiil wafer sehingga tidak akan tersketsa. Bagian yang tidak terlindungi akan disketsa dengan bahan kimia.

Setelah tersketsa, lapisan photo resist diangkat dan bentuk yang diinginkan menjadi tampak.

Photo resist kembali digunakan dan disinari dengan sinar ultra violet. Photo resist yang tersinari kemudian dicuci dahulu sebelum melangkah ke tahap selanjutnya, proses pencucian ini dinamakan ion doping, proses dimana partikel ion ditabrakan ke wafer, sehingga sifat kimia silikon dirubah, agar CPU dapat mengontrol arus listrik.

Melalui proses yang dinamakan ion implantation (bagian dari proses Ion Doping) daerah silikon pada wafersditembak oleh ion. Ion ditanamkan di silikon supaya merubah daya antar silikon dengan listrik. Ion didorong ke permukaan wafer dengan kecepatan tinggi. Medan listrik melajukan ion dengan kecepatan lebih dari 300,000 Km/jam (sekitar 185,000 mph)

Setelah ion ditanamkan, photo resist diangkat, dan materiil yang bewarna hijau pada gambar sekarang sudah tertanam alien atoms.

Transistor ini sudah hampir selesai. Tiga lubang telah tersketsa di lapisan isolasi (warna ungu kemerahan) yang berada di atas transistor. Tiga lubang ini akan diisi dengan tembaga, yang berfungsi untuk menghubungkan transistor ini dengan transistor lain.

wafers memasuki tahap copper sulphate solution pada tingkat ini. Ion tembaga disimpan ke dalam transistor melalui proses yang dinamakan Electroplating. Ion tembaga berjalan dari terminal positif (anode) menuju terminal negatif (cathode).

Ion tembaga telah menjadi lapisan tipis di permukaan wafers.

Materil yang kelebihan dihaluskan, meninggalkan lapisan tembaga yang sangat tipis.

Sampai tahap ini proses semakin rumit, banyak lapisan logam dibuat untuk saling menghubungkan bermacam-macam transistors. Bagaimana rangkaian hubungan ini disambungkan, itu ditentukan oleh teknik arsitektur dan desain tim yang mengembangkan kemampuan masing-masing processor. Dimana chip komputer terlihat sangat datar, sebenarnya memiliki lebih dari 20 lapisan untuk membuat sirkuit yang kompleks. Jika melihat dengan kaca pembesar, maka akan terlihat jaringan bentuk sirkuit yang rumit, dan transistors yang terlihat futuristik, Multi-Layered Highway System.

Ini hanya contoh super kecil dari wafer yang akan melalui tahap test kemampuan pertama. Di tahapan ini, sebuah pola test dikirimkan ke tiap-tiap chip, lalu respon dari chip akan dimonitor dan dibandingkan denganThe Right Answer.

Setelah hasil test menunjukan bahwa wafer lulus, wafer dipotong menjadi sebuah bagian yang disebut dies. Unik juga, proses ini sangatlah rumit hanya untuk mendapatkan hasil yang sangat kecil. Pada gambar paling kiri itu ada 6 kelompok wafers.

Dies yang lulus test, akan diikutkan ke tahap selanjutnya yaitu Packagingdies yang tidak lulus, dibuang dengan percumanya.

Ini adalah gambar salah satu die, yang tadinya dipotong pada proses sebelumnya. Die pada gambar ini adalah die dari Intel Core i7 Processor.

Lapisan bawah, die, dan  heatspreader dipasang bersama untuk membentuk Processor. Lapisan hijau yang bawah, digunakan untuk membentuk listrik dan mechanical interface untuk Processor supaya dapat berinteraksi dengan sistem PC. heatspreader adalah thermal interface dimana solusi pendinginan diterapkan, sehingga Processor dapat tetap dingin dalam beroperasi.

Microprocessor adalah produk terkompleks di dunia ini. Faktanya, untuk membuatnya memerlukan ratusan tahap dan yang kita uraikan sebelumnya hanyalah yang penting saja.

Selama tes terakhir untuk Processor, Processor di tes karakteristiknya, seperti penggunaan daya dan frekwensi maksimumnya.

Berdasarkan hasil test sebelumnya, Processor dikelompokan dengan Processor yang memiliki kemampuan sama. Proses ini dinamakan dengan binning, yang ditentukan dari frekwensi maksimum Processor, kemudian tumpukan Processor dibagi dan dijual sesuai dengan spesifikasi stabilnya.

Prosessor yang sudah dikemas dan dites, akan menuju pabrik (misalnya dipakai Toshiba untuk produksi lapto) atau dijual eceran (misalnya di toko komputer).
Begitulah prosesnya pembuatan benda penting yang satu ini, sebelum akhirnya kita gunakan dan manfaatkan untuk menunjang kinerja dan kegiatan kita. Wajar saja disebut otak komputer, dan dapat dimaklumi kalau bernilai tinggi walaupun kecil secara fisik.


0 Responses So Far:

Penerimaan Siswa Didik Baru SMAN 2 Ciamis Tahun 2012-2013

Jadwal Kegiatan PPDB 2012-2013

download formulir disini

Pendaftaran:19 s.d 24 Maret 2012 pukul 08.00 – 14.00
Pengumpulan berkas dan verifikasi data:19 s.d 24 Maret 2012 pukul 08.00 – 14.00
Selksi administrasi:24 Maret s.d 5 Mei 2012 pukul 08.00 – 14.00
Pengumuman SMART:13 Mei 2012 pukul 08.00 – 14.00
Achievement Test & Tes Kecakapan
OR dan Seni
:14 Mei 2012 pukul 08.00 – 14.00
Tes praktek Bhs. Inggris, TIK dan
wawancara siswa / orang tua
:15 – 16 Mei 2012 pukul 08.00 – 14.00
Pengumuman pelulusan:4 Juni 2012 pukul 08.00 – 14.00
Daftar Ulang:6 – 8 Juni 2012 pukul 08.00 – 14.00

Jadwal Test Akademik Tertulis

Hari/TglWaktuMata PelajaranTempat
Senin, 14 Mei 201207.00 – 10.00
10.30 – 12.30
Matematika & B.Indonesia
IPA & IPS
SMAN 2 Ciamis
Senin, 14 Mei 2012



07.30 – 12.30Test Kecakapan Khusus Olahraga dan Seni (PORS)


SMAN 2 Ciamis















PEDOMAN PPDB SMA Negeri 2 Ciamis 2012-2013


Berdasarkan surat pemberitahuan Direktorat Jenderal pendidikan menengah No. 600/D/D2/2012 perihal Penerimaan Peserta Didik Baru Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA dan SMK; dan surat Keputusan Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat No 422.1/1878-SK-Setdik tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru SMA dan SMK Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Provinsi Jawa Barat tahun pelajaran 2012/2013

SMA NEGERI 2 CIAMIS MENERIMA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013 MELALUI 3 JALUR YAITU :

  1. JALUR NON TES ( SMART )
  2. JALUR TES AKADEMIK TERTULIS ( SAT )
  3. JALUR PRESTASI OLAHY RAGA DAN SENI ( PORS )

PERSYARATAN UMUM

Calon Peserta Didik Baru SMA negeri 2 ciamis menyerahkan :

  1. Nomor Pendaftaran Online (Print Out) atau Formulir pendaftaran yang sudah diisi
  2. Foto Copy Buku Laporan Hasil Belajar (Raport) semester 1 s.d 5 yang sudah dilegalisir
  3. Surat keterangan berkelakuan baik, tidak terlibat kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba dari sekolah
  4. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter
  5. Pas foto terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar (berwarna)
  6. Surat pernyataan bersedia mengikuti seleksi PPDB serta bersedia mengikuti program RSBI
  7. Surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kab. Ciamis, bagi pendaftar dari luar Provinsi Jawa barat
  8. Surat Keterangan dari kepala sekolah yang menyatakan bahwa calon sedang duduk di kelas IX SMP atau sederajat
  9. SKHUN asli dan foto copy yang sudah dilegalisir 2 lembar (menyusul)
  10. Foto Copy ijasah yang sudah dilegalisir 2 lembar (menyusul)
  11. Biaya pendaftaran masing masing jalur Rp. 70.000,-

KETENTUAN PENDAFTARAN

JALUR SMART (download Formulir)

  1. Nilai rata rata raport untuk semester 1 s.d 5 untuk mata pelajaran Bahasa indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS minimal 80.
  2. Memiliki peringkat pararel pada kisaran 1 s.d 10 selama semester 1 s.d 5 yang dinyatakan dengan surat pernyataan peringkat dari sekolah dan bukti peringkat sekolah.
  3. Memiliki sertifikat kejuaraan prestasi akademik minimal juara 1 s.d 3 tingkat kabupaten.
  4. Mengisi formulir pendaftaran SMART
  5. Melengkapi persyaratan pendaftaran 1 s.d 11
  6. Peserta dinyatakan diterima setelah melalui seleksi administrasi
  7. Peserta yang dinyatakan tidak diterima di jalur SMART akan di didaftarkan ke jalur SAT oleh panitia
  8. Peserta yang dinyatakan tidak lulus ujian nasional/Sekolah dinyatakan gugur.
  9. Berkas dimasukan pada Map warna Merah

JALUR SAT (download Formulir)

  1. Foto Copy raport semester 1 s.d 5 yang sudah dilegalisir.
  2. Mengisi formulir pendaftaran SAT
  3. Melengkapi persyaratan pendaftaran 1 s.d 11
  4. Peserta dinyatakan diterima setelah melalui seleksi administrasi, lulus tes akademik tertulis, lulus wawancara, praktek TIK, dan Bahasa Inggris.
  5. Peserta yang dinyatakan tidak lulus ujian nasional/sekolah dinyatakan gugur.
  6. Berkas dimasukan pada Map warna Kuning

JALUR PORS (download formulir)

  1. Foto Copy raport semester 1 s.d 5 yang sudah dilegalisir.
  2. Mengisi formulir pendaftaran PORS.
  3. Melengkapi persyaratan pendaftaran 1 s.d 11
  4. Peserta dinyatakan diterima setelah melalui seleksi administrasi, lulus tes kecakapan khusus, lulus wawancara, TIK dan Bahasa Inggris
  5. Peserta yang dinyatakan tidak lulus ujian nasional/sekolah dinyatakan gugur.
  6. Berkas dimasukan pada Map warna Biru

MEKANISME PENDAFTARAN

JALUR SMART

  1. Pendaftaran Online dilakukan pada Halaman Pendaftaran PPDB Online SMA Negeri 2 Ciamis, atau Mengisi Formulir Pendaftaran (form-SMART) yang dapat diunduh atau didapatkan langsung di Kampus SMA Negeri 2 Ciamis.
  2. Pendaftar datang ke SMAN 2 Ciamis untuk verifikasi data, dengan membawa tanda bukti pendaftaran online atau Formulir Pendaftaran yang telah diisi lengkap beserta persyaratan umum ( kecuali SKHUN dan Ijazah )
  3. Pendaftar melengkapi persyaratan dengan keterangan peringkat dan piagam kejuaraan akademik (Asli)

JALUR SAT DAN PORS

  1. Pendaftaran Online dilakukan pada Halaman Pendaftaran PPDB Online SMA Negeri 2 Ciamis, atau Mengisi Formulir Pendaftaran (form-SAT/form-PORS) yang dapat diunduh atau didapatkan langsung di Kampus SMA Negeri 2 Ciamis.
  2. Pendaftar datang ke SMAN 2 Ciamis untuk verifikasi data, dengan membawa tanda bukti pendaftaran online atau Formulir Pendaftaran yang telah diisi lengkap beserta persyaratan umum ( kecuali SKHUN dan Ijazah )
  3. Pendaftaran dapat dilakukan secara kolektif oleh sekolah asal masing-masing dengan mengirimkan data pendaftaran melalui e-mail : ppdb@sman2-ciamis.sch.id atau langsung dikirim ke panitia dalam bentuk CD dengan format pendaftaran kolektif dari panitia (bisa diunduh di website smanda) lengkap dengan persyaratan pendaftaran
  4. Pendaftar yang telah memenuhi persyaratan akan menenerima kartu peserta dan jadwal tes. (khusus kolektif, kartu pendaftaran akan diserahkan kepada guru/wakil pendaftar)

download Formulir

Membayangkan Angka "1" Seperti Sebuah Pagar

Membayangkan Angka "1" Seperti Sebuah Pagar




Pertanyaannya : apakah kita bisa seperti itu?

Nampaknya anda semua masih bingung pada pertanyaan ini.

Ilustrasinya seperti ini : ibaratnya kita ingin membuat sebuah pagar bambu yang sangat panjang. Tentulah kita membutuhkan bilahan-bilahan bambu kan? Nah kemudian kita buat bilahan-bilahan itu dengan perjuangan yang berat, mulai dari kita menebang bambu di hutan, kemudian membelahnya, kemudian dipotong-potong, kemudian kita haluskan, barulah setelah itu kita rangkai dengan paku yang tertancap sehingga menjadi sebuah pelindung bagi rumah kita juga apapun gangguan dari luar.


Itu artinya, dalam hidup kita harus melindungi diri kita dari apapun permasalahan hidup.

pertanyaannya apakah kita bisa seperti itu? gimana caranya?

Pertama, hidup itu adalah sebuah perjuangan tang harus ditempuh. Banyak sekali masalah atau sesuatu yang membuat kita tak nyaman dengan keadaan itu. Perjuangannya seperti apa? Seperti halnya bambu tadi/pagar tadi, berawal dari kerja keras, kemudian membentuk proyeksi diri dengan kita memulai dari yang paling dasar dulu. Apa itu?


Adalah ilmu. Yaaa ilmu menjadi aspek sangat penting dalam kehidupan. Kerja keras dengan tekad bulat untuk meraih ilmu akan mendapatkan suatu hasil yang maksimal, sehingga kita "be number one" menjadi yang nomor satu.


Arti nomor satu ini asalah hasil yang dapat menjadikan kita motivator dalam dalam menata kehidupan, menjadi pelindung dalam hidup.


Kemudian kita reflesikan, kita aplikasikan "number 1" ini dalam kehidupan dengan sebuah paku, (ibaratkan paku itu adalah ibadah). Tentunya hal ini dapat menjadi tembok besar bagi kehidupan kita, menjadi pelindung bagi kehidupan kita.


Dengan hal inilah "number 1" menjadi priority penting bagi kehidupan.


posted by : Fiqri FM



Fenomena Teori "Cleb-A" di Kelas Billingual

Fenomena Teori "Cleb-A" di Kelas Billingual


"Cleb-A", seakan semacam teori yang ditemukan seorang penggemar fisika "Ahmad Nurjalal !" yang Tak lain adalah teman sekelas saya. Entah apa maksud teori itu, (menurutnya sih itu sebuah teori..haha) namun seakan teori ini menjadi kobar tawa bagi kami di kelas.


Setiap dia mengatakan "Cleb-A" ini dlam setiap pembicaraannya, kontan itu menjadi sebuah tawa. Entah darimana juga dia dapatkan istilah ini, namun yang didengar istilah teori ino didapatnya dari kejenakaan dia sendiri. Ilustrasinya : ketika pedang ditancapkan kepadanya, maka dia akan berkata/bersuara atau siapapun akan berkata "Cleb => ditancapkan pedang ke tubuh, A => aaa.. Jadi "Cleb-A"

Bahkaaan, bahkan dengan pikirannya itu, dia menginginkan akan adanya domain yang ekstensinya "cleb-a"...hahah aneh bukan..


Hmmm entah apa yang difikirkannya tentang teori ini karna kita juga nggak ngerti.

Tapi dengan teori yang'tak dimengerti' ini, seakan menjadikan warna lain dari kelas kami, yang menjadikan perbedaan dengan yang lainnya.

Tak ada yang seperti kami mungkin...hahahah



CONTOH Karya Tulis Ilmiah Tentang Kebersihan

KARYA TULIS ILMIAH TENTANG KEBERSIHAN

DI SMPN 1 PANUMBANGAN

Oleh Fiqri Fadlillah Mubarok




Kata Pengantar



Syukur Alhamdulillah selalu kita panjatkan kehadirat Allah SWT. atas segala nikmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga penelitian ilmiah berjudulPenanggulangan, Pengolahan dan Pemanfaatan Sampah di SMPN 1 Panumbanganini dapat terselesaikan. Penulis sangat tertarik untuk ikut serta memikirkan masalah lingkungan hidup yang semakin tidak terkendali, khususnya masalah sampah baik secara teknik maupun secara sistemik.


Seiring dengan berkembangnya pembangunan di Indonesia, tidak terasa masalah-masalah lingkungan pun bermunculan, hal ini tentunya tidak dibiarkan demikian saja karena di lain pihak akan menimbulkan dampak yang merugikan. Usaha pemulihan kembali masalah lingkungan memang ada, tetapi usaha itu perlu ditingkatkan lagi, khususnya pada penekanan pengolahan dan sistem yang efektif dan efisien dalam penanganan sampah/limbah yang dihasilkan dari aktivitas kehidupan masyarakat, khususnya dalam menata kembali manajemen operasinya.


Dalam penulisan karya tulis ini, merupakan langkah awal penulis untuk senantiasa peduli dan prihatin dengan permasalahan sampah yang terjadi serta mampu berpikir secara sistemik dalam penanganan sampah dan manajemen operasinya yang semakin menghantui kehidupan manusia. Dan besar harapan penulis, karya tulis ini dapat dijadikan bahan evaluasi dan mendapat tindak lanjut untuk evaluasi pada tahap kegiatan kedepan.



Ciamis, Matet 2011




Penulis


Daftar Isi


Halaman


Kata Pengantar ………………………………………………………………………. 1

Daftar Isi ……………………………………………………………………………… 2

Bab I Pendahuluan …………………………………………………………………... 3

I.1 Latar Belakang ……………………………………………………………..... 3

I.2 Identifikasi Masalah.…………………………………………………….......... 4

I.3 Batasan Masalah ……………………………………………………………... 4

I.4 Perumusan Masalah …………………………………………………………... 4

I.5 Maksud dan Tujuan …………………………………………………………... 4

I.6 Metode Penelitian …………………………………………………………..... 5

I.7 Manfaat Penelitian ……………………………………………………………. 5

I.8 Sistematika Penulisan ………………………………………………………… 5

Bab II Tujuan Pustaka ………………………………………………………………... 7

II.1 Pengertian Kompos ……………………………………………………......... 7

II.2 Pandangan Umum Tentang Sampah ………………………………………… 7

Bab III Hasil dan Pembahasan ………………………………………………………. 9

III.1 Hasil Pengambilan Voting …………………………………………………. 9

III.2 Sumber Sampah …………………………………………………………….. 9

III.3 Sistem Pengelolaan Sampah SMPN 1 Panumbangan Saat Ini ……………… 10

III.4 Tempat Pembuangan Akhir…………………………………………………. 10

III.5 Proses Pengomposan ………………………………………………………... 11

III.6 Manfaat Kompos ……………………………………………………………. 15

III.7 Sistem Manajemen Pengelolaan Sampah di Sekolah ……………………….. 16

III.8 Sistem Pengelolaan Sampah Perlu Diubah …………………………………. 17

Bab IV Kesimpulan dan Saran ………………………………………………………. 19

IV.1 Kesimpulan ……………………………………………………………......... 19

IV.2 Saran ………………………………………………………………………... 19

Gambar-Gambar …………………………………………………………………….... 20

Daftar Pustaka ………………………………………………………………………… 25


Selengkapnya, Download sekarang => disini



DOWNLOAD

DOWNLOAD POWER POINT

Materi Ekonomi Kelas 9
- PBB (Ekonomi)

Download sekarang => disini




- Qodo dan Qadar (PAI)

Download sekarang => disini














Ingin Translate BAHASA INDONESIA ke BAHASA SUNDA???



disini tempatnya!!!

KUMPULAN PUISI 9A

KARYA PUISI 9A


ROMANSA

Loncat ke pasir tak sama dengan loncat ke tanah

Karena buat hati indah

Dengan semilir angin sisi samudera

Owh....benang romansa

Yang terikat tali cinta

Seraya mencekik

Hitamnya Dewa Rahwana

Lihainya sang hati pemburu ketenangan

Meletakakan suara indah

Pada telinga-telinga penjemput bunga-bunga kehidupan

Tak ada maksud meletakkan harum terlalu jauh

Tapi bulan dan bintang pun

terasa ikut ke alam yang kami buat

Tak apa berenang dalam surga dunia

Dengan melihat indahnya ombak

Sekali saja menari dalam ombak kebahagiaan

Untuk mencari arti persahabatan

Seribu kali kau kan temukan arti kasih sayang

Sesama teman

AHMAD NURJALAL


MALAM YANG INDAH

Bulatnya si merah

Tampak dari ujung barat

Angin bertiup sepoi-sepoi

Nyiur pun melambaikan tangannya

Menikmati panorama langit

Yang indah

Detik demi detik si merah pun mulai terbenam

Warna langit yang kuning kemerahan

Akan terganti dengan warna hitam malam

Udara dan suasana yang dirasakan

Sangat berbeda dari yang kurasa

Dinginnya malam di sisi pantai

Membuat bulu tubuhku berdiri

Rumah kecil beratapkan parasit

Yang berbentuk segitiga menemaniku

Di malam ini

Hangatnya tubuh terasa di saat

Kumpulan kayu yang mengeluarkan si jago merah

Lantunan lagu-lagu merdu menghiasi malam

Tangan yang bertepuk ramai

Menghangatkan suasana

Seru, ramai, dan hangat yang kurasakan

Kebersamaan membuatku merasa senang dan gembira

Tak terasa hari pun semakin malam

Tenda-tenda yang berdiri di sisi pantai

Siap untuk dihuni

Dengan jaket yang tebal

Dapat melenyapkan tidurku

AJENG APRIANITA

Malam itu tak akan kulupakan


KEMELUT KEHANGATAN

Sang Dewi

Malah termangu

Batu karang

Ikut membisu

Dan Sang Ombak

Turut membeku

Bisu!!

Beku!!

Angin semilir berlalu

Mengyeru

Yaa mereka layu!!!

Menjadi saksi bisu

Mengelototi pertunjukan sendu

Yang terkuak dalam kalbu

Dan masing-masingnya

Meletakkan di relung terdalam

Dawai gitar sungguh merayu

Dendang anak sungguh mendayu

Dalam kehangatan

Melantunkan kisah cumbu

Untuk semua yang kecandu

Dalam kepekatan

Mereka larut dalam kemelut

Kisah anak sungguh merajuk

ASTRIANI A. L




KEINDAHAN PANTAI MALAM

Rembulan bercahaya terang

Keindahan alam sangat menakjubkan

Aku tertegun dan kagum

Melihat pemandangan malam

Ombak berlari kejar-mengejar

Berkilau disinari rembulan

Cahaya api unggun berkobar di tengah malam

Menghiasi pemandangan malam

Indahnya kebersamaan...

Hangatnya kedamaian...

Senangnya keramaian...

Kagumnya perasaan...

Lama kita bernyanyi dan berdendang

Diiringi petikan gitar yang merdu

Bersama kemesraan angin yang berhembus

Disela-sela malam yang menjadi kenangan

Kagum, indah, dan menakjubkan

Menatap pemandangan malam yang mempesona

Itulah ciptaan-Mu... Tuhan

KEBERSAMAAN MENJADI KENANGAN YANG INDAH

Hangatnya malam di tepi pantai

Serasa menyelimuti kebersamaan kami

Di tengah kegelapan malam

Bulan bercahaya dan tersenyum

Melihat wajah-wajah kegembiraan kami

Suara gitar nan merdu

Seakan mengajak kami untuk menyanyi

Gemuruh ombak pun

Seakan mengikuti kami bernyanyi

Lautan baru nan cantik

Seakan

Menjadi saksi dari kebersamaan ini

Aku tak akan melupakan

Kejadian yang indah ini

Dan akan menjadi kenangan

Hingga azal menjemputku

SENANDUNG MALAM

Rembulan bak intan di langit gelap

Dengan bintang yang kemerlap

Deburan ombak yang menyapu gundah

Namun membangkitkan gairah

Dengtingan nada gitar

Menjerit begitu menggelegar

Menyapa jiwa-jiwa yang terkapar

Untuk menari layaknya camar

Tawa, bernyanyi dan menari

Di pesisir permadani biru yang tampak lari

Dingin angin yang menyelimuti malam

Menusuk nadiku yang paling dalam

Sepercik si merah yang menyala, dan

Bergandengan bersama sahabat

Semua tampak lebih hangat

Semua terpadu laksana senandung malam

Seiring tarian jarum jam

Malam tambah mencekam

Rembulan pun ikut kelam

Dan jiwa-jiwaku terpejam

ENOK S. F


SOROT PERMADANI DI UFUK BARAT



Bulan, engkau laksana mahapatih di kesunyian dan kegelapan malam

Kau beri kehangatan di tengah-tengah desir ombak

yang menghantam pori-pori yang usam,

menusuk batang-batang jiwa yang keropos ini

Tatapan mesra wajahmu, semakin membuat kami hanyut

akan romansa kebersamaan

Engkau bak tabib yang mengobati raga

yang mulai dangkal ini

dengan radiasi penyelimut jiwa,

penyejuk ketenangan kalbu

Disaat letupan dawai-dawai kemesraan menghujam gendang telinga ini, kau lantunkan pula sorot indah bentukmu

kepada sang penikmat keindahan ini

Kami gundah..

Kami gelisah…

Ketika awan hitam seakan menutupi rupamu nan elok, menutupi sorot indah tatapanmu yang lancip

Batu karang, penghuni hamparan luas samudera biru ini

seolah melambai-lambai mengharamkan kau pergi

dari sudut fokus indera ini

Tuhan,

Jangan kau rampas permadani indah di kegelapan ini

Tetaplah kau disisiku

FIQRI F. M



Selengkapnya, Download sekarang => disini



Ada kesalahan di dalam gadget ini