Vikry's Site: ISAAC NEWTON (1642-1727)
Mangga Lebet
alart script buat jail. donlot disini





[Clos]

.


Inilah blog saya, Fiqri Fadlillah Mubarok. Bacalah sesuai aturan, no "copas". Selamat baca. Have Fun. Thanks

.

.

.

.

ISAAC NEWTON (1642-1727)



ISAAC NEWTON (1642-1727)


Alam dan hukum alam tersembunyi di balik malam.
Tuhan berkata, biarlah Newton ada! Dan semuanya akan terang benderang.





Isaac Newton, ilmuwan paling besar dan paling berpengaruh yang pernah hidup di dunia, lahir di Woolsthrope, Inggris, tepat pada hari Natal tahun 1642, bertepatan tahun dengan wafatnya Galileo. Seperti halnya Nabi Muhammad, dia lahir sesudah ayahnya meninggal. Di masa bocah dia sudah menunjukkan kecakapan yang nyata di bidang mekanika dan teramat cekatan menggunakan tangannya. Meskipun anak dengan otak cemerlang, di sekolah tampaknya ogah-ogahan dan tidak banyak menarik perhatian. Tatkala menginjak akil baliq, ibunya mengeluarkannya dari sekolah dengan harapan anaknya bisa jadi petani yang baik. Untungnya sang ibu bisa dibujuk, bahwa bakat utamanya tidak terletak di situ. Pada umurnya delapan belas dia masuk Universitas Cambridge. Di sinilah Newton secara kilat menyerap apa yang kemudian terkenal          dengan ilmu pengetahuan dan matematika dan dengan cepat pula mulai melakukan penyelidikan sendiri. Antara usia dua puluh satu dan dua puluh tujuh tahun dia sudah meletakkan dasar-dasar teori ilmu pengetahuan yang pada gilirannya kemudian mengubah dunia.
Pertengahan abad ke-17 adalah periode pembenihan ilmu pengetahuan. Penemuan teropong bintang dekat permulaan abad itu telah merombak seluruh pendapat mengenai ilmu perbintangan. Filosof Inggris Francis Bacon dan Filosof Perancis Rene Descartes kedua-duanya berseru kepada ilmuwan seluruh Eropa agar tidak lagi menyandarkan diri pada kekuasaan Aristoteles, melainkan melakukan percobaan dan penelitian atas dasar titik tolak dan keperluan sendiri. Apa yang dikemukakan oleh Bacon dan Descartes, sudah dipraktekkan oleh si hebat Galileo. Penggunaan teropong bintang, penemuan baru untuk penelitian astronomi oleh Newton telah merevolusionerkan penyelidikan bidang itu, dan yang dilakukannya di sektor mekanika telah menghasilkan apa yang kini terkenal dengan sebutan "Hukum gerak Newton" yang pertama.
Ilmuwan besar lain, seperti William Harvey, penemu ihwal peredaran darah dan Johannes Kepler penemu tata gerak planit-planit di seputar matahari, mempersembahkan informasi yang sangat mendasar bagi kalangan cendikiawan. Walau begitu, ilmu pengetahuan murni masih merupakan kegemaran para intelektual, dan masih belum dapat dibuktikan --apabila digunakan dalam teknologi-- bahwa ilmu pengetahuan dapat mengubah pola dasar kehidupan manusia sebagaimana diramalkan oleh Francis Bacon.
Walaupun Copernicus dan Galileo sudah menyepak ke pinggir beberapa anggapan ngelantur tentang pengetahuan purba dan telah menyuguhkan pengertian yang lebih genah mengenai alam semesta, namun tak ada satu pokok pikiran pun yang terumuskan dengan seksama yang mampu membelokkan tumpukan pengertian yang gurem dan tak berdasar seraya menyusunnya dalam suatu teori yang memungkinkan berkembangnya ramalan-ramalan yang lebih ilmiah. Tak lain dari Isaac Newton-lah orangnya yang sanggup menyuguhkan kumpulan teori yang terangkum rapi dan meletakkan batu pertama ilmu pengetahuan modern yang kini arusnya jadi anutan orang.
Newton sendiri agak ogah-ogahan menerbitkan dan mengumumkan penemuan-penemuannya. Gagasan dasar sudah disusunnya jauh sebelum tahun 1669 tetapi banyak teori-teorinya baru diketahui publik bertahun-tahun sesudahnya. Penerbitan pertama penemuannya adalah menyangkut penjungkir-balikan anggapan lama tentang hal-ihwal cahaya. Dalam serentetan percobaan yang seksama, Newton menemukan fakta bahwa apa yang lazim disebut orang "cahaya putih" sebenarnya tak lain dari campuran semua warna yang terkandung dalam pelangi. Dan ia pun dengan sangat hati-hati melakukan analisa tentang akibat-akibat hukum pemantulan dan pembiasan cahaya. Berpegang pada hukum ini dia --pada tahun 1668-- merancang dan sekaligus membangun teropong refleksi pertama, model teropong yang dipergunakan oleh sebagian terbesar penyelidik bintang-kemintang saat ini. Penemuan ini, berbarengan dengan hasil-hasil yang diperolehnya di bidang percobaan optik yang sudah diperagakannya, dipersembahkan olehnya kepada lembaga peneliti kerajaan Inggris tatkala ia berumur dua puluh sembilan tahun.
Keberhasilan Newton di bidang optik saja mungkin sudah memadai untuk mendudukkan Newton pada urutan daftar buku ini. Sementara itu masih ada penemuan-penemuan yang kurang penting di bidang matematika murni dan di bidang mekanika. Persembahan terbesarnya di bidang matematika adalah penemuannya tentang "kalkulus integral" yang mungkin dipecahkannya tatkala ia berumur dua puluh tiga atau dua puluh empat tahun. Penemuan ini merupakan hasil karya terpenting di bidang matematika modern. Bukan semata bagaikan benih yang daripadanya tumbuh teori matematika modern, tetapi juga perabot tak terelakkan yang tanpa penemuannya itu kemajuan pengetahuan modern yang datang menyusul merupakan hal yang mustahil. Biarpun Newton tidak berbuat sesuatu apapun lagi, penemuan "kalkulus integral"-nya saja sudah memadai untuk menuntunnya ke tangga tinggi dalam daftar urutan buku ini.
Tetapi penemuan-penemuan Newton yang terpenting adalah di bidang mekanika, pengetahuan sekitar bergeraknya sesuatu benda. Galileo merupakan penemu pertama hukum yang melukiskan gerak sesuatu obyek apabila tidak dipengaruhi oleh kekuatan luar. Tentu saja pada dasarnya semua obyek dipengaruhi oleh kekuatan luar dan persoalan yang paling penting dalam ihwal mekanik adalah bagaimana obyek bergerak dalam keadaan itu. Masalah ini dipecahkan oleh Newton dalam hukum geraknya yang kedua dan termasyhur dan dapat dianggap sebagai hukum fisika klasik yang paling utama. Hukum kedua (secara matcmatik dijabarkan dcngan persamaan F = m.a) menetapkan bahwa akselerasi obyek adalah sama dengan gaya netto dibagi massa benda. Terhadap kedua hukum itu Newton menambah hukum ketiganya yang masyhur tentang gerak (menegaskan bahwa pada tiap aksi, misalnya kekuatan fisik, terdapat reaksi yang sama dengan yang bertentangan) serta yang paling termasyhur penemuannya tentang kaidah ilmiah hukum gaya berat universal. Keempat perangkat hukum ini, jika digabungkan, akan membentuk suatu kesatuan sistem yang berlaku buat seluruh makro sistem mekanika, mulai dari pergoyangan pendulum hingga gerak planit-planit dalam orbitnya mengelilingi matahari yang dapat diawasi dan gerak-geriknya dapat diramalkan. Newton tidak cuma menetapkan hukum-hukum mekanika, tetapi dia sendiri juga menggunakan alat kalkulus matematik, dan menunjukkan bahwa rumus-rumus fundamental ini dapat dipergunakan bagi pemecahan problem.
Hukum Newton dapat dan sudah dipergunakan dalam skala luas bidang ilmiah serta bidang perancangan pelbagai peralatan teknis. Dalam masa hidupnya, pemraktekan yang paling dramatis adalah di bidang astronomi. Di sektor ini pun Newton berdiri paling depan. Tahun 1678 Newton menerbitkan buku karyanya yang masyhur Prinsip-prinsip matematika mengenai filsafat alamiah (biasanya diringkas Principia saja). Dalam buku itu Newton mengemukakan teorinya tentang hukum gaya berat dan tentang hukum gerak. Dia menunjukkan bagaimana hukum-hukum itu dapat dipergunakan untuk memperkirakan secara tepat gerakan-gerakan planit-planit seputar sang matahari. Persoalan utama gerak-gerik astronomi adalah bagaimana memperkirakan posisi yang tepat dan gerakan bintang-kemintang serta planit-planit, dengan demikian terpecahkan sepenuhnya oleh Newton hanya dengan sekali sambar. Atas karya-karyanya itu Newton sering dianggap seorang astronom terbesar dari semua yang terbesar.
Apa penilaian kita terhadap arti penting keilmiahan Newton? Apabila kita buka-buka indeks ensiklopedia ilmu          pengetahuan, kita akan jumpai ihwal menyangkut Newton beserta hukum-hukum dan penemuan-penemuannya dua atau tiga kali lebih banyak jumlahnya dibanding ihwal ilmuwan yang manapun juga. Kata cendikiawan besar Leibniz yang sama sekali tidak dekat dengan Newton bahkan pernah terlibat dalam suatu pertengkaran sengit: "Dari semua hal yang menyangkut matematika dari mulai dunia berkembang hingga adanya Newton, orang itulah yang memberikan sumbangan terbaik." Juga pujian diberikan oleh sarjana besar Perancis, Laplace: "Buku Principia Newton berada jauh di atas semua produk manusia genius yang ada di dunia." Dan Langrange sering menyatakan bahwa Newton adalah genius terbesar yang pernah hidup. Sedangkan Ernst Mach dalam tulisannya di tahun 1901 berkata, "Semua masalah matematika yang sudah terpecahkan sejak masa hidupnya merupakan dasar perkembangan mekanika berdasar atas hukum-hukum Newton." Ini mungkin merupakan penemuan besar Newton yang paling ruwet: dia menemukan wadah pemisahan antara fakta dan hukum, mampu melukiskan beberapa keajaiban namun tidak banyak menolong untuk melakukan dugaan-dugaan; dia mewariskan kepada kita rangkaian kesatuan hukum-hukum yang mampu dipergunakan buat permasalahan fisika dalam ruang lingkup rahasia yang teramat luas dan mengandung kemungkinan untuk melakukan dugaan-dugaan yang tepat.





Newton sedang menganalisa garis cahaya
Dalam uraian yang begini ringkas, adalah mustahil membeberkan secara terperinci penemuan-penemuan Newton. Akibatnya, banyak karya-karya yang agak kurang tenar terpaksa harus disisihkan biarpun punya makna penting di segi penemuan dalam bidang masalahnya sendiri. Newton juga memberi sumbangsih besar di bidang thermodinamika (penyelidikan tentang panas) dan di bidang akustik (ilmu tentang suara). Dan dia pulalah yang menyuguhkan penjelasan yang jernih bagai kristal prinsip-prinsip fisika tentang "pengawetan" jumlah gerak agar tidak terbuang serta "pengawetan" jumlah gerak sesuatu yang bersudut. Antrian penemuan ini kalau mau bisa diperpanjang lagi: Newtonlah orang yang menemukan dalil binomial dalam matematika yang          amat logis dan dapat dipertanggungjawabkan. Mau tambah lagi? Dia juga, tak lain tak bukan, orang pertama yang mengutarakan secara meyakinkan ihwal asal mula bintang-bintang.
Nah, sekarang soalnya begini: taruhlah Newton itu ilmuwan yang paling jempol dari semua ilmuwan yang pernah hidup di bumi. Paling kemilau bagaikan batu zamrud di tengah tumpukan batu kali. Taruhlah begitu. Tetapi, bisa saja ada orang yang mempertanyakan alasan apa menempatkan Newton di atas pentolan politikus raksasa seperti Alexander Yang Agung atau George Wasington, serta disebut duluan ketimbang tokoh-tokoh agama besar seperti Nabi Isa atau Budha Gautama. Kenapa mesti begitu?
Pertimbangan saya begini. Memang betul perubahan-perubahan politik itu penting kalau tidak teramat penting. Walau begitu, bagaimanapun juga pada umumnya manusia sebagaian terbesar hidup nyaris tak banyak beda antara mereka di jaman lima ratus tahun sesudah Alexander wafat dengan mereka di jaman lima ratus sebelum Alexander muncul dari rahim ibunya. Dengan kata lain, cara manusia hidup di tahun 1500 sesudah Masehi boleh dibilang serupa dengan cara hidup buyut bin buyut bin buyut mereka di tahun 1500 sebelum Masehi. Sekarang, tengoklah dari sudut perkembangan ilmu pengetahuan. Dalam lima abad terakhir, berkat penemuan-penemuan ilmiah modern, cara hidup manusia sehari-hari sudah mengalami revolusi besar. Cara berbusana beda, cara makan beda, cara kerja dan ragamnya beda. Bahkan, cara hidup santai berleha-leha pun sama sekali tidak mirip dengan apa yang diperbuat orang jaman tahun 1500 sesudah Masehi. Penemuan ilmiah bukan saja sudah merevolusionerkan teknologi dan ekonomi, tetapi juga sudah mengubah total segi politik, pemikiran keagamaan, seni dan falsafah. Sangat langkalah aspek kehidupan manusia yang tetap "jongkok di tempat" tak beringsut sejengkal pun dengan adanya revolusi ilmiah. Alasan ini --sekali lagi alasan ini-- yang jadi sebab mengapa begitu banyak ilmuwan dan penemu gagasan baru tercantum di dalam daftar buku ini. Newton bukan semata yang paling cerdas otak diantara barisan cerdas otak, tetapi sekaligus dia tokoh yang paling berpengaruh di dalam perkembangan teori ilmu. Itu sebabnya dia peroleh kehormatan untuk didudukkan dalam urutan hampir teratas dari sekian banyak manusia yang paling berpengaruh dalam sejarah manusia. Newton menghembuskan nafas penghabisan tahun 1727, dikebumikan di Westminster Abbey, ilmuwan pertama yang memperoleh penghormatan macam itu.





0 Responses So Far:

Penerimaan Siswa Didik Baru SMAN 2 Ciamis Tahun 2012-2013

Jadwal Kegiatan PPDB 2012-2013

download formulir disini

Pendaftaran:19 s.d 24 Maret 2012 pukul 08.00 – 14.00
Pengumpulan berkas dan verifikasi data:19 s.d 24 Maret 2012 pukul 08.00 – 14.00
Selksi administrasi:24 Maret s.d 5 Mei 2012 pukul 08.00 – 14.00
Pengumuman SMART:13 Mei 2012 pukul 08.00 – 14.00
Achievement Test & Tes Kecakapan
OR dan Seni
:14 Mei 2012 pukul 08.00 – 14.00
Tes praktek Bhs. Inggris, TIK dan
wawancara siswa / orang tua
:15 – 16 Mei 2012 pukul 08.00 – 14.00
Pengumuman pelulusan:4 Juni 2012 pukul 08.00 – 14.00
Daftar Ulang:6 – 8 Juni 2012 pukul 08.00 – 14.00

Jadwal Test Akademik Tertulis

Hari/TglWaktuMata PelajaranTempat
Senin, 14 Mei 201207.00 – 10.00
10.30 – 12.30
Matematika & B.Indonesia
IPA & IPS
SMAN 2 Ciamis
Senin, 14 Mei 2012



07.30 – 12.30Test Kecakapan Khusus Olahraga dan Seni (PORS)


SMAN 2 Ciamis















PEDOMAN PPDB SMA Negeri 2 Ciamis 2012-2013


Berdasarkan surat pemberitahuan Direktorat Jenderal pendidikan menengah No. 600/D/D2/2012 perihal Penerimaan Peserta Didik Baru Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA dan SMK; dan surat Keputusan Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat No 422.1/1878-SK-Setdik tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru SMA dan SMK Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Provinsi Jawa Barat tahun pelajaran 2012/2013

SMA NEGERI 2 CIAMIS MENERIMA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013 MELALUI 3 JALUR YAITU :

  1. JALUR NON TES ( SMART )
  2. JALUR TES AKADEMIK TERTULIS ( SAT )
  3. JALUR PRESTASI OLAHY RAGA DAN SENI ( PORS )

PERSYARATAN UMUM

Calon Peserta Didik Baru SMA negeri 2 ciamis menyerahkan :

  1. Nomor Pendaftaran Online (Print Out) atau Formulir pendaftaran yang sudah diisi
  2. Foto Copy Buku Laporan Hasil Belajar (Raport) semester 1 s.d 5 yang sudah dilegalisir
  3. Surat keterangan berkelakuan baik, tidak terlibat kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba dari sekolah
  4. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter
  5. Pas foto terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar (berwarna)
  6. Surat pernyataan bersedia mengikuti seleksi PPDB serta bersedia mengikuti program RSBI
  7. Surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kab. Ciamis, bagi pendaftar dari luar Provinsi Jawa barat
  8. Surat Keterangan dari kepala sekolah yang menyatakan bahwa calon sedang duduk di kelas IX SMP atau sederajat
  9. SKHUN asli dan foto copy yang sudah dilegalisir 2 lembar (menyusul)
  10. Foto Copy ijasah yang sudah dilegalisir 2 lembar (menyusul)
  11. Biaya pendaftaran masing masing jalur Rp. 70.000,-

KETENTUAN PENDAFTARAN

JALUR SMART (download Formulir)

  1. Nilai rata rata raport untuk semester 1 s.d 5 untuk mata pelajaran Bahasa indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS minimal 80.
  2. Memiliki peringkat pararel pada kisaran 1 s.d 10 selama semester 1 s.d 5 yang dinyatakan dengan surat pernyataan peringkat dari sekolah dan bukti peringkat sekolah.
  3. Memiliki sertifikat kejuaraan prestasi akademik minimal juara 1 s.d 3 tingkat kabupaten.
  4. Mengisi formulir pendaftaran SMART
  5. Melengkapi persyaratan pendaftaran 1 s.d 11
  6. Peserta dinyatakan diterima setelah melalui seleksi administrasi
  7. Peserta yang dinyatakan tidak diterima di jalur SMART akan di didaftarkan ke jalur SAT oleh panitia
  8. Peserta yang dinyatakan tidak lulus ujian nasional/Sekolah dinyatakan gugur.
  9. Berkas dimasukan pada Map warna Merah

JALUR SAT (download Formulir)

  1. Foto Copy raport semester 1 s.d 5 yang sudah dilegalisir.
  2. Mengisi formulir pendaftaran SAT
  3. Melengkapi persyaratan pendaftaran 1 s.d 11
  4. Peserta dinyatakan diterima setelah melalui seleksi administrasi, lulus tes akademik tertulis, lulus wawancara, praktek TIK, dan Bahasa Inggris.
  5. Peserta yang dinyatakan tidak lulus ujian nasional/sekolah dinyatakan gugur.
  6. Berkas dimasukan pada Map warna Kuning

JALUR PORS (download formulir)

  1. Foto Copy raport semester 1 s.d 5 yang sudah dilegalisir.
  2. Mengisi formulir pendaftaran PORS.
  3. Melengkapi persyaratan pendaftaran 1 s.d 11
  4. Peserta dinyatakan diterima setelah melalui seleksi administrasi, lulus tes kecakapan khusus, lulus wawancara, TIK dan Bahasa Inggris
  5. Peserta yang dinyatakan tidak lulus ujian nasional/sekolah dinyatakan gugur.
  6. Berkas dimasukan pada Map warna Biru

MEKANISME PENDAFTARAN

JALUR SMART

  1. Pendaftaran Online dilakukan pada Halaman Pendaftaran PPDB Online SMA Negeri 2 Ciamis, atau Mengisi Formulir Pendaftaran (form-SMART) yang dapat diunduh atau didapatkan langsung di Kampus SMA Negeri 2 Ciamis.
  2. Pendaftar datang ke SMAN 2 Ciamis untuk verifikasi data, dengan membawa tanda bukti pendaftaran online atau Formulir Pendaftaran yang telah diisi lengkap beserta persyaratan umum ( kecuali SKHUN dan Ijazah )
  3. Pendaftar melengkapi persyaratan dengan keterangan peringkat dan piagam kejuaraan akademik (Asli)

JALUR SAT DAN PORS

  1. Pendaftaran Online dilakukan pada Halaman Pendaftaran PPDB Online SMA Negeri 2 Ciamis, atau Mengisi Formulir Pendaftaran (form-SAT/form-PORS) yang dapat diunduh atau didapatkan langsung di Kampus SMA Negeri 2 Ciamis.
  2. Pendaftar datang ke SMAN 2 Ciamis untuk verifikasi data, dengan membawa tanda bukti pendaftaran online atau Formulir Pendaftaran yang telah diisi lengkap beserta persyaratan umum ( kecuali SKHUN dan Ijazah )
  3. Pendaftaran dapat dilakukan secara kolektif oleh sekolah asal masing-masing dengan mengirimkan data pendaftaran melalui e-mail : ppdb@sman2-ciamis.sch.id atau langsung dikirim ke panitia dalam bentuk CD dengan format pendaftaran kolektif dari panitia (bisa diunduh di website smanda) lengkap dengan persyaratan pendaftaran
  4. Pendaftar yang telah memenuhi persyaratan akan menenerima kartu peserta dan jadwal tes. (khusus kolektif, kartu pendaftaran akan diserahkan kepada guru/wakil pendaftar)

download Formulir

Membayangkan Angka "1" Seperti Sebuah Pagar

Membayangkan Angka "1" Seperti Sebuah Pagar




Pertanyaannya : apakah kita bisa seperti itu?

Nampaknya anda semua masih bingung pada pertanyaan ini.

Ilustrasinya seperti ini : ibaratnya kita ingin membuat sebuah pagar bambu yang sangat panjang. Tentulah kita membutuhkan bilahan-bilahan bambu kan? Nah kemudian kita buat bilahan-bilahan itu dengan perjuangan yang berat, mulai dari kita menebang bambu di hutan, kemudian membelahnya, kemudian dipotong-potong, kemudian kita haluskan, barulah setelah itu kita rangkai dengan paku yang tertancap sehingga menjadi sebuah pelindung bagi rumah kita juga apapun gangguan dari luar.


Itu artinya, dalam hidup kita harus melindungi diri kita dari apapun permasalahan hidup.

pertanyaannya apakah kita bisa seperti itu? gimana caranya?

Pertama, hidup itu adalah sebuah perjuangan tang harus ditempuh. Banyak sekali masalah atau sesuatu yang membuat kita tak nyaman dengan keadaan itu. Perjuangannya seperti apa? Seperti halnya bambu tadi/pagar tadi, berawal dari kerja keras, kemudian membentuk proyeksi diri dengan kita memulai dari yang paling dasar dulu. Apa itu?


Adalah ilmu. Yaaa ilmu menjadi aspek sangat penting dalam kehidupan. Kerja keras dengan tekad bulat untuk meraih ilmu akan mendapatkan suatu hasil yang maksimal, sehingga kita "be number one" menjadi yang nomor satu.


Arti nomor satu ini asalah hasil yang dapat menjadikan kita motivator dalam dalam menata kehidupan, menjadi pelindung dalam hidup.


Kemudian kita reflesikan, kita aplikasikan "number 1" ini dalam kehidupan dengan sebuah paku, (ibaratkan paku itu adalah ibadah). Tentunya hal ini dapat menjadi tembok besar bagi kehidupan kita, menjadi pelindung bagi kehidupan kita.


Dengan hal inilah "number 1" menjadi priority penting bagi kehidupan.


posted by : Fiqri FM



Fenomena Teori "Cleb-A" di Kelas Billingual

Fenomena Teori "Cleb-A" di Kelas Billingual


"Cleb-A", seakan semacam teori yang ditemukan seorang penggemar fisika "Ahmad Nurjalal !" yang Tak lain adalah teman sekelas saya. Entah apa maksud teori itu, (menurutnya sih itu sebuah teori..haha) namun seakan teori ini menjadi kobar tawa bagi kami di kelas.


Setiap dia mengatakan "Cleb-A" ini dlam setiap pembicaraannya, kontan itu menjadi sebuah tawa. Entah darimana juga dia dapatkan istilah ini, namun yang didengar istilah teori ino didapatnya dari kejenakaan dia sendiri. Ilustrasinya : ketika pedang ditancapkan kepadanya, maka dia akan berkata/bersuara atau siapapun akan berkata "Cleb => ditancapkan pedang ke tubuh, A => aaa.. Jadi "Cleb-A"

Bahkaaan, bahkan dengan pikirannya itu, dia menginginkan akan adanya domain yang ekstensinya "cleb-a"...hahah aneh bukan..


Hmmm entah apa yang difikirkannya tentang teori ini karna kita juga nggak ngerti.

Tapi dengan teori yang'tak dimengerti' ini, seakan menjadikan warna lain dari kelas kami, yang menjadikan perbedaan dengan yang lainnya.

Tak ada yang seperti kami mungkin...hahahah



CONTOH Karya Tulis Ilmiah Tentang Kebersihan

KARYA TULIS ILMIAH TENTANG KEBERSIHAN

DI SMPN 1 PANUMBANGAN

Oleh Fiqri Fadlillah Mubarok




Kata Pengantar



Syukur Alhamdulillah selalu kita panjatkan kehadirat Allah SWT. atas segala nikmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga penelitian ilmiah berjudulPenanggulangan, Pengolahan dan Pemanfaatan Sampah di SMPN 1 Panumbanganini dapat terselesaikan. Penulis sangat tertarik untuk ikut serta memikirkan masalah lingkungan hidup yang semakin tidak terkendali, khususnya masalah sampah baik secara teknik maupun secara sistemik.


Seiring dengan berkembangnya pembangunan di Indonesia, tidak terasa masalah-masalah lingkungan pun bermunculan, hal ini tentunya tidak dibiarkan demikian saja karena di lain pihak akan menimbulkan dampak yang merugikan. Usaha pemulihan kembali masalah lingkungan memang ada, tetapi usaha itu perlu ditingkatkan lagi, khususnya pada penekanan pengolahan dan sistem yang efektif dan efisien dalam penanganan sampah/limbah yang dihasilkan dari aktivitas kehidupan masyarakat, khususnya dalam menata kembali manajemen operasinya.


Dalam penulisan karya tulis ini, merupakan langkah awal penulis untuk senantiasa peduli dan prihatin dengan permasalahan sampah yang terjadi serta mampu berpikir secara sistemik dalam penanganan sampah dan manajemen operasinya yang semakin menghantui kehidupan manusia. Dan besar harapan penulis, karya tulis ini dapat dijadikan bahan evaluasi dan mendapat tindak lanjut untuk evaluasi pada tahap kegiatan kedepan.



Ciamis, Matet 2011




Penulis


Daftar Isi


Halaman


Kata Pengantar ………………………………………………………………………. 1

Daftar Isi ……………………………………………………………………………… 2

Bab I Pendahuluan …………………………………………………………………... 3

I.1 Latar Belakang ……………………………………………………………..... 3

I.2 Identifikasi Masalah.…………………………………………………….......... 4

I.3 Batasan Masalah ……………………………………………………………... 4

I.4 Perumusan Masalah …………………………………………………………... 4

I.5 Maksud dan Tujuan …………………………………………………………... 4

I.6 Metode Penelitian …………………………………………………………..... 5

I.7 Manfaat Penelitian ……………………………………………………………. 5

I.8 Sistematika Penulisan ………………………………………………………… 5

Bab II Tujuan Pustaka ………………………………………………………………... 7

II.1 Pengertian Kompos ……………………………………………………......... 7

II.2 Pandangan Umum Tentang Sampah ………………………………………… 7

Bab III Hasil dan Pembahasan ………………………………………………………. 9

III.1 Hasil Pengambilan Voting …………………………………………………. 9

III.2 Sumber Sampah …………………………………………………………….. 9

III.3 Sistem Pengelolaan Sampah SMPN 1 Panumbangan Saat Ini ……………… 10

III.4 Tempat Pembuangan Akhir…………………………………………………. 10

III.5 Proses Pengomposan ………………………………………………………... 11

III.6 Manfaat Kompos ……………………………………………………………. 15

III.7 Sistem Manajemen Pengelolaan Sampah di Sekolah ……………………….. 16

III.8 Sistem Pengelolaan Sampah Perlu Diubah …………………………………. 17

Bab IV Kesimpulan dan Saran ………………………………………………………. 19

IV.1 Kesimpulan ……………………………………………………………......... 19

IV.2 Saran ………………………………………………………………………... 19

Gambar-Gambar …………………………………………………………………….... 20

Daftar Pustaka ………………………………………………………………………… 25


Selengkapnya, Download sekarang => disini



DOWNLOAD

DOWNLOAD POWER POINT

Materi Ekonomi Kelas 9
- PBB (Ekonomi)

Download sekarang => disini




- Qodo dan Qadar (PAI)

Download sekarang => disini














Ingin Translate BAHASA INDONESIA ke BAHASA SUNDA???



disini tempatnya!!!
Satu lagii!!
Download disini!!! Prediksi soal UN terbaru

Un SMP Matematika
Un SMP B. Indonesia
Un SMP IPA
Un SMP IPS
Un SMP B. Inggris
Un SMP PPKN

KUMPULAN PUISI 9A

KARYA PUISI 9A


ROMANSA

Loncat ke pasir tak sama dengan loncat ke tanah

Karena buat hati indah

Dengan semilir angin sisi samudera

Owh....benang romansa

Yang terikat tali cinta

Seraya mencekik

Hitamnya Dewa Rahwana

Lihainya sang hati pemburu ketenangan

Meletakakan suara indah

Pada telinga-telinga penjemput bunga-bunga kehidupan

Tak ada maksud meletakkan harum terlalu jauh

Tapi bulan dan bintang pun

terasa ikut ke alam yang kami buat

Tak apa berenang dalam surga dunia

Dengan melihat indahnya ombak

Sekali saja menari dalam ombak kebahagiaan

Untuk mencari arti persahabatan

Seribu kali kau kan temukan arti kasih sayang

Sesama teman

AHMAD NURJALAL


MALAM YANG INDAH

Bulatnya si merah

Tampak dari ujung barat

Angin bertiup sepoi-sepoi

Nyiur pun melambaikan tangannya

Menikmati panorama langit

Yang indah

Detik demi detik si merah pun mulai terbenam

Warna langit yang kuning kemerahan

Akan terganti dengan warna hitam malam

Udara dan suasana yang dirasakan

Sangat berbeda dari yang kurasa

Dinginnya malam di sisi pantai

Membuat bulu tubuhku berdiri

Rumah kecil beratapkan parasit

Yang berbentuk segitiga menemaniku

Di malam ini

Hangatnya tubuh terasa di saat

Kumpulan kayu yang mengeluarkan si jago merah

Lantunan lagu-lagu merdu menghiasi malam

Tangan yang bertepuk ramai

Menghangatkan suasana

Seru, ramai, dan hangat yang kurasakan

Kebersamaan membuatku merasa senang dan gembira

Tak terasa hari pun semakin malam

Tenda-tenda yang berdiri di sisi pantai

Siap untuk dihuni

Dengan jaket yang tebal

Dapat melenyapkan tidurku

AJENG APRIANITA

Malam itu tak akan kulupakan


KEMELUT KEHANGATAN

Sang Dewi

Malah termangu

Batu karang

Ikut membisu

Dan Sang Ombak

Turut membeku

Bisu!!

Beku!!

Angin semilir berlalu

Mengyeru

Yaa mereka layu!!!

Menjadi saksi bisu

Mengelototi pertunjukan sendu

Yang terkuak dalam kalbu

Dan masing-masingnya

Meletakkan di relung terdalam

Dawai gitar sungguh merayu

Dendang anak sungguh mendayu

Dalam kehangatan

Melantunkan kisah cumbu

Untuk semua yang kecandu

Dalam kepekatan

Mereka larut dalam kemelut

Kisah anak sungguh merajuk

ASTRIANI A. L




KEINDAHAN PANTAI MALAM

Rembulan bercahaya terang

Keindahan alam sangat menakjubkan

Aku tertegun dan kagum

Melihat pemandangan malam

Ombak berlari kejar-mengejar

Berkilau disinari rembulan

Cahaya api unggun berkobar di tengah malam

Menghiasi pemandangan malam

Indahnya kebersamaan...

Hangatnya kedamaian...

Senangnya keramaian...

Kagumnya perasaan...

Lama kita bernyanyi dan berdendang

Diiringi petikan gitar yang merdu

Bersama kemesraan angin yang berhembus

Disela-sela malam yang menjadi kenangan

Kagum, indah, dan menakjubkan

Menatap pemandangan malam yang mempesona

Itulah ciptaan-Mu... Tuhan

KEBERSAMAAN MENJADI KENANGAN YANG INDAH

Hangatnya malam di tepi pantai

Serasa menyelimuti kebersamaan kami

Di tengah kegelapan malam

Bulan bercahaya dan tersenyum

Melihat wajah-wajah kegembiraan kami

Suara gitar nan merdu

Seakan mengajak kami untuk menyanyi

Gemuruh ombak pun

Seakan mengikuti kami bernyanyi

Lautan baru nan cantik

Seakan

Menjadi saksi dari kebersamaan ini

Aku tak akan melupakan

Kejadian yang indah ini

Dan akan menjadi kenangan

Hingga azal menjemputku

SENANDUNG MALAM

Rembulan bak intan di langit gelap

Dengan bintang yang kemerlap

Deburan ombak yang menyapu gundah

Namun membangkitkan gairah

Dengtingan nada gitar

Menjerit begitu menggelegar

Menyapa jiwa-jiwa yang terkapar

Untuk menari layaknya camar

Tawa, bernyanyi dan menari

Di pesisir permadani biru yang tampak lari

Dingin angin yang menyelimuti malam

Menusuk nadiku yang paling dalam

Sepercik si merah yang menyala, dan

Bergandengan bersama sahabat

Semua tampak lebih hangat

Semua terpadu laksana senandung malam

Seiring tarian jarum jam

Malam tambah mencekam

Rembulan pun ikut kelam

Dan jiwa-jiwaku terpejam

ENOK S. F


SOROT PERMADANI DI UFUK BARAT



Bulan, engkau laksana mahapatih di kesunyian dan kegelapan malam

Kau beri kehangatan di tengah-tengah desir ombak

yang menghantam pori-pori yang usam,

menusuk batang-batang jiwa yang keropos ini

Tatapan mesra wajahmu, semakin membuat kami hanyut

akan romansa kebersamaan

Engkau bak tabib yang mengobati raga

yang mulai dangkal ini

dengan radiasi penyelimut jiwa,

penyejuk ketenangan kalbu

Disaat letupan dawai-dawai kemesraan menghujam gendang telinga ini, kau lantunkan pula sorot indah bentukmu

kepada sang penikmat keindahan ini

Kami gundah..

Kami gelisah…

Ketika awan hitam seakan menutupi rupamu nan elok, menutupi sorot indah tatapanmu yang lancip

Batu karang, penghuni hamparan luas samudera biru ini

seolah melambai-lambai mengharamkan kau pergi

dari sudut fokus indera ini

Tuhan,

Jangan kau rampas permadani indah di kegelapan ini

Tetaplah kau disisiku

FIQRI F. M



Selengkapnya, Download sekarang => disini