Vikry's Site: ALBERT EINSTEIN
Mangga Lebet
alart script buat jail. donlot disini





[Clos]

.

Inilah blog saya, Fiqri Fadlillah Mubarok. Bacalah sesuai aturan, no "copas". Selamat baca. Have Fun. Thanks

.

.

.

.

ALBERT EINSTEIN







ALBERT EINSTEIN

Sang Jenius Fisika Pembuka Tabir Rahasia Alam Semesta

Albert Einstein, tak salah lagi, seorang ilmuwan terhebat abad ke-20. Cendekiawan tak ada tandingannya sepanjang jaman. Termasuk karena teori "relativitas"-nya. Sebenarnya teori ini merupakan dua teori yang bertautan satu sama lain: teori khusus "relativitas" yang dirumuskannya tahun 1905 dan teori umum "relativitas" yang dirumuskannya tahun 1915, lebih terkenal dengan hukum gaya berat Einstein. Kedua teori ini teramat rumitnya, karena itu bukan tempatnya di sini menjelaskan sebagaimana adanya, namun uraian ala kadarnya tentang soal relativitas khusus ada disinggung sedikit. Pepatah bilang, "semuanya adalah relatif." Teori Einstein bukanlah sekedar mengunyah-ngunyah ungkapan yang nyaris menjemukan itu. Yang dimaksudkannya adalah suatu pendapat matematik yang pasti tentang kaidah-kaidah ilmiah yang sebetulnya relatif. Hakikatnya, penilaian subyektif terhadap waktu dan ruang tergantung pada si penganut. Sebelum Einstein, umumnya orang senantiasa percaya bahwa dibalik kesan subyektif terdapat ruang dan waktu yang absolut yang bisa diukur dengan peralatan secara obyektif. Teori Einstein menjungkir-balikkan secara revolusioner pemikiran ilmiah dengan cara menolak adanya sang waktu yang absolut. Contoh berikut ini dapat menggambarkan betapa radikal teorinya, betapa tegasnya dia merombak pendapat kita tentang ruang dan waktu.
Bayangkanlah sebuah pesawat ruang angkasa --sebutlah namanya X--meluncur laju menjauhi bumi dengan kecepatan 100.000 kilometer per detik. Kecepatan diukur oleh pengamat, baik yang berada di pesawat ruang angkasa X maupun di bumi, dan pengukuran mereka bersamaan. Sementara itu, sebuah pesawat ruang angkasa lain yang bernama Y meluncur laju pada arah yang sama dengan pesawat ruang angkasa X tetapi dengan kecepatan yang berlebih. Apabila pengamat di bumi mengukur kecepatan pesawat ruang angkasa Y, mereka mengetahui bahwa pesawat itu melaju menjauhi bumi pada kecepatan 180.000 kilometer per detik. Pengamat di atas pesawat ruang angkasa Y akan berkesimpulan serupa.
Nah, karena kedua pesawat ruang angkasa itu melaju pada arah yang bersamaan, akan tampak bahwa beda kecepatan antara kedua pesawat itu 80.000 kilometer per detik dan pesawat yang lebih cepat tak bisa tidak akan bergerak menjauhi pesawat yang lebih lambat pada kadar kecepatan ini.
Tetapi, teori Einstein memperhitungkan, jika pengamatan dilakukan dari kedua pesawat ruang angkasa, mereka akan bersepakat bahwa jarak antara keduanya bertambah pada tingkat ukuran 100.000 kilometer per detik, bukannya 80.000 kilometer per detik.
Kelihatannya hal ini mustahil. Kelihatannya seperti olok-olok. Pembaca menduga seakan ada bau-bau tipu. Menduga jangan-jangan ada perincian yang disembunyikan. Padahal, sama sekali tidak! Hasil ini tidak ada hubungannya dengan tenaga yang digunakan untuk mendorong mereka.
Tak ada keliru pengamatan. Walhasil, tak ada apa pun yang kurang, alat rusak atau kabel melintir. Mulus, polos, tak mengecoh. Menurut Einstein, hasil kesimpulan yang tersebut di atas tadi semata-mata sebagai akibat dari sifat dasar alamiah ruang dan waktu yang sudah bisa diperhitungkan lewat rumus ihwal komposisi kecepatannya.
Tampaknya merupakan kedahsyatan teoritis, dan memang bertahun-tahun orang menjauhi "teori relativitas" bagaikan menjauhi hipotesa "menara gading," seolah-olah teori itu tak punya arti penting samasekali. Tak seorang pun --tentu saja tidak-- membuat kekeliruan hingga tahun 1945 tatkala bom atom menyapu Hiroshima dan Nagasaki. Salah satu kesimpulan "teori relativitas" Einstein adalah benda dan energi berada dalam arti yang berimbangan dan hubungan antara keduanya dirumuskan sebagai E = mc2. E menunjukkan energi dan m menunjukkan massa benda, sedangkan c merupakan kecepatan cahaya. Nah, karena c adalah sama dengan 180.000 kilometer per detik (artinya merupakan jumlah angka amat besar) dengan sendirinya c2 (yang artinya c x c) karuan saja tak tepermanai besar jumlahnya. Dengan demikian berarti, meskipun pengubahan sebagian kecil dari benda mampu mengeluarkan jumlah energi luar biasa besarnya.
Orang karuan saja tak bakal bisa membikin sebuah bom atom atau pusat tenaga nuklir semata-mata berpegang pada rumus E = mc2. Haruslah dikaji pula dalam-dalam, banyak orang memainkan peranan penting dalam proses pembangkitan energi atom. Namun, bagaimanapun juga, sumbangan pikiran Einstein tidaklah meragukan lagi. Tak ada yang cekcok dalam soal ini. Lebih jauh dari itu, tak lain dari Einstein orangnya yang menulis surat kepada Presiden Roosevelt di tahun 1939, menunjukkan terbukanya kemungkinan membikin senjata atom dan sekaligus menekankan arti penting bagi Amerika Serikat selekas-lekasnya membikin senjata itu sebelum didahului Jerman. Gagasan itulah kemudian mewujudkan "Proyek Manhattan" yang akhirnya bisa menciptakan bom atom pertama.
"Teori relativitas khusus" mengundang beda pendapat yang hangat, tetapi dalam satu segi semua sepakat, teori itu merupakan pemikiran yang paling meragukan yang pernah dirumuskan manusia. Tetapi, tiap orang ternyata terkecoh karena "teori relativitas umum" Einstein merupakan titik tolak pikiran lain bahwa pengaruh gaya berat bukanlah lantaran kekuatan fisik dalam makna yang biasa, melainkan akibat dari bentuk lengkung angkasa luar sendiri, suatu pendapat yang amat mencengangkan!
Bagaimana bisa orang mengukur bentuk lengkung ruang angkasa?
Einstein bukan sekedar mengembangkan secara teoritis, melainkan dituangkannya ke dalam rumusan matematik yang jernih dan jelas sehingga orang bisa melakukan ramalan yang nyata dan hipotesanya bisa diuji. Pengamatan berikutnya --dan ini yang paling cemerlang karena dilakukan tatkala gerhana matahari total-- telah berulang kali diyakini kebenarannya karena bersamaan benar dengan apa yang dikatakan Einstein.
Teori umum tentang relativitas berdiri terpisah dalam beberapa hal dengan semua hukum-hukum ilmiah. Pertama, Einstein merumuskan teorinya tidak atas dasar percobaan-percobaan, melainkan atas dasar-dasar kehalusan simetri dan matematik. Pendeknya berpijak diatas dasar rasional seperti lazimnya kebiasaan para filosof Yunani dan para cendekiawan abad tengah perbuat. Ini berarti, Einstein berbeda cara dengan metode ilmuwan modern yang berpandangan empiris. Tetapi, bedanya ada juga: pemikir Yunani dalam hal pendambaan keindahan dan simetri tak pernah berhasil mengelola dan menemukan teori yang mekanik yang mampu bertahan menghadapi percobaan pengujian yang rumit-rumit, sedangkan Einstein dapat bertahan dengan sukses terhadap tiap-tiap percobaan. Salah satu hasil dari pendekatan Einstein adalah bahwa teori umum relativitasnya dianggap suatu yang amat indah, bergaya, teguh dan secara intelektual memuaskan semua teori ilmiah.
Teori relativitas umum juga dalam beberapa hal berdiri secara terpisah. Kebanyakan hukum-hukum ilmiah lain hanya kira-kira saja berlaku. Ada yang kena dalam banyak hal, tetapi tidak semua. Sedangkan mengenai teori umum relativitas, sepanjang pengetahuan, sepenuhnya diterima tanpa kecuali. Tak ada keadaan yang tak diketahui, baik dalam kaitan teoritis atau percobaan praktek yang menunjukkan bahwa ramalan-ramalan teori umum relativitas hanya berlaku secara kira-kira. Bisa saja percobaan-percobaan di masa depan merusak nama baik hasil sempurna yang pernah dicapai oleh sesuatu teori, tetapi sepanjang menyangkut teori umum relativitas, jelas tetap merupakan pendekatan yang paling diandalkan bagi setiap ilmuwan dalam usahanya menuju kebenaran terakhir.
Meskipun Einstein teramat terkenal dengan "teori relativitas"-nya, keberhasilan karyanya di bidang ilmiah lain juga membuatnya tersohor selaku ilmuwan dalam setiap segi. Nyatanya, Einstein peroleh Hadiah Nobel untuk bidang fisika terutama lantaran buah pikiran tertulisnya membeberkan efek-efek foto elektrik, sebuah fenomena penting yang sebelumnya merupakan teka-teki para cerdik pandai. Dalam karya tulisan ilmiah itu Einstein membuktikan eksistensi photon, atau partikel cahaya.
Anggapan lama lewat percobaan yang tersendat-sendat mengatakan bahwa cahaya itu terdiri dari gelombang elektro magnit, dan gelombang serta partikel merupakan konsep yang berlawanan. Sedangkan hipotesa Einstein menunjukkan suatu perbedaan yang radikal dan amat bertentangan dengan teori-teori klasik. Bukan saja hukum foto elektriknya terbukti punya arti penting dalam penggunaan, tetapi hipotesanya tentang photon punya pengaruh besar dalam perkembangan teori kuantum (hipotesa bahwa dalam radiasi, energi elektron dikeluarkan tidak kontinyu melainkan dalam jumlah tertentu) yang saat ini merupakan bagian tak terpisahkan dari teori itu.
Dalam hal menilai arti penting Einstein, suatu perbandingan dengan Isaac Newton merupakan hal menyolok. Teori Newton pada dasarnya mudah dipahami, dan kegeniusannya sudah tampak pada awal mula perkembangan. Sedangkan "teori relativitas" Einstein teramat sulit dipahami biarpun lewat penjelasan yang cermat dan hati-hati. Lebih-Lebih rumit lagi jika mengikhtisarkan aslinya! Tatkala beberapa gagasan Newton mengalami benturan dengan gagasan ilmiah pada jamannya, teorinya tak pernah tampak luntur atau goyah dengan pendiriannya. Sebaliknya, "teori relativitas" penuh dengan hal yang saling bertentangan. Ini merupakan bagian dari kegeniusan Einstein bahwa pada saat permulaan, ketika gagasannya masih merupakan hipotesa yang belum diuji yang dikemukakannya selaku orang muda belasan tahun yang samasekali tidak dikenal, dia tak pernah membiarkan kontradiksi yang nyata-nyata ada ini dan mencampakkan teorinya. Sebaliknya malahan dia dengan sangat cermat dan hati-hati merenungkan terus hingga ia mampu menunjukkan bahwa kontradiksi ini hanya pada lahirnya saja sedangkan sebenarnya tiap masalah selalu tersedia untuk memecahkan kontradiksi itu dengan cara yang halus namun cerdik dan tegas.
Kini, kita anggap teori Einstein itu pada dasarnya lebih "correct" ketimbang teori Newton. Jika begitu halnya kenapa Einstein ditempatkan Lebih bawah dalam daftar tingkat urutan buku ini?
Alasannya tersedia. Pertama, teori-teori Newtonlah yang merupakan peletak dasar dan batu pertama ilmu pengetahuan modern dan teknologi. Tanpa karya Newton, kita tidak akan menyaksikan teknologi modern sekarang ini. Bukannya Einstein.
Ada lagi faktor yang menyebabkan mengapa kedudukan Einstein dalam urutan seperti yang pembaca saksikan. Dalam banyak hal, perkembangan suatu ide melibatkan sumbangan pikiran banyak orang. Ini jelas sekali misalnya dalam ihwal sejarah sosialisme, atau dalam pengembangan teori listrik dan magnit. Meskipun Einstein tidak 100% merumuskan "teori relativitas" dengan otaknya sendiri, yang sudah pasti sebagian terbesar memang sahamnya. Adalah adil mengatakan bahwa ditilik dari perbandingan arti penting ide-ide lain, teori-teori relativitas terutama berasal dari kreasi seorang, si genius dan si jempolan, Einstein.

Einstein mendiskusikan teori-teorinya.
Einstein lahir tahun 1879, di kota Ulm, Jerman. Dia memasuki perguruan tinggi di Swiss dan menjadi warganegara Swiss tahun 1900. Di tahun 1905 dia mendapat gelar Doktor dari Universitas Zurich tetapi (anehnya) tak bisa meraih posisi akademis pada saat itu. Di tahun itu pula dia menerbitkan kertas kerja perihal "relatif khusus," perihal efek foto elektrik, dan tentang teori gerak Brown. Hanya dalam beberapa tahun saja kertas-kertas kerja ini, terutama yang menyangkut relativitas, telah mengangkatnya menjadi salah seorang ilmuwan paling cemerlang dan paling orisinal di dunia. Teori-teorinya sangat kontroversial. Tak ada ilmuwan dunia kecuali Darwin yang pernah menciptakan situasi kontroversial seperti Einstein. Akibat itu, di tahun 1913 dia diangkat sebagai mahaguru di Universitas Berlin dan pada saat berbarengan menjadi Direktur Lembaga Fisika "Kaisar Wilhelm" serta menjadi anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Prusia. Jabatan-jabatan ini tidak mengikatnya untuk sebebas-bebasnya mengabdikan sepenuh waktu melakukan penyelidikan-penyelidikan, kapan saja dia suka.
Pemerintah Jerman tidak menyesal menyiram Einstein dengan sebarisan panjang kedudukan yang istimewa itu karena persis dua tahun kemudian Einstein berhasil merumuskan "teori umum relativitas," dan tahun 1921 dia memperoleh Hadiah Nobel. Sepanjang paruhan terakhir dari kehidupannya, Einstein menjadi buah bibir dunia, dan hampir dapat dipastikan dialah ilmuwan yang masyhur yang pernah lahir ke dunia.
Karena Einstein seorang Yahudi, kehidupannya di Jerman menjadi tak aman begitu Hitler naik berkuasa. Di tahun 1933 dia hijrah ke Princeton, New Jersey, Amerika Serikat, bekerja di Lembaga Studi Lanjutan Tinggi dan di tahun 1940 menjadi warga negara Amerika Serikat. Perkawinan pertama Einstein berujung dengan perceraian, hanya perkawinannya yang kedua tampaknya baru bahagia. Punya dua anak, keduanya laki-laki. Einstein meninggal dunia tahun 1955 di Princeton.
Einstein senantiasa tertarik pada ihwal kemanusiaan dunia di sekitarnya dan sering mengemukakan pandangan-pandangan politiknya. Dia merupakan pelawan teguh terhadap sistem politik tirani, seorang pendukung gigih gerakan Pacifis, dan seorang penyokong teguh Zionisme. Dalam hal berpakaian dan kebiasaan-kebiasaan sosial dia tampak seorang yang individualistis. Suka humor, sederhana dan ada bakat gesek biola. Tulisan pada nisan makam Newton yang berbunyi: "Bersukarialah para arwah karena hiasan yang ditinggalkannya bagi kemanusiaan!" sebetulnya lebih kena untuk Einstein.


0 Responses So Far:

Penerimaan Siswa Didik Baru SMAN 2 Ciamis Tahun 2012-2013

Jadwal Kegiatan PPDB 2012-2013

download formulir disini

Pendaftaran:19 s.d 24 Maret 2012 pukul 08.00 – 14.00
Pengumpulan berkas dan verifikasi data:19 s.d 24 Maret 2012 pukul 08.00 – 14.00
Selksi administrasi:24 Maret s.d 5 Mei 2012 pukul 08.00 – 14.00
Pengumuman SMART:13 Mei 2012 pukul 08.00 – 14.00
Achievement Test & Tes Kecakapan
OR dan Seni
:14 Mei 2012 pukul 08.00 – 14.00
Tes praktek Bhs. Inggris, TIK dan
wawancara siswa / orang tua
:15 – 16 Mei 2012 pukul 08.00 – 14.00
Pengumuman pelulusan:4 Juni 2012 pukul 08.00 – 14.00
Daftar Ulang:6 – 8 Juni 2012 pukul 08.00 – 14.00

Jadwal Test Akademik Tertulis

Hari/TglWaktuMata PelajaranTempat
Senin, 14 Mei 201207.00 – 10.00
10.30 – 12.30
Matematika & B.Indonesia
IPA & IPS
SMAN 2 Ciamis
Senin, 14 Mei 2012



07.30 – 12.30Test Kecakapan Khusus Olahraga dan Seni (PORS)


SMAN 2 Ciamis















PEDOMAN PPDB SMA Negeri 2 Ciamis 2012-2013


Berdasarkan surat pemberitahuan Direktorat Jenderal pendidikan menengah No. 600/D/D2/2012 perihal Penerimaan Peserta Didik Baru Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA dan SMK; dan surat Keputusan Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat No 422.1/1878-SK-Setdik tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru SMA dan SMK Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Provinsi Jawa Barat tahun pelajaran 2012/2013

SMA NEGERI 2 CIAMIS MENERIMA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013 MELALUI 3 JALUR YAITU :

  1. JALUR NON TES ( SMART )
  2. JALUR TES AKADEMIK TERTULIS ( SAT )
  3. JALUR PRESTASI OLAHY RAGA DAN SENI ( PORS )

PERSYARATAN UMUM

Calon Peserta Didik Baru SMA negeri 2 ciamis menyerahkan :

  1. Nomor Pendaftaran Online (Print Out) atau Formulir pendaftaran yang sudah diisi
  2. Foto Copy Buku Laporan Hasil Belajar (Raport) semester 1 s.d 5 yang sudah dilegalisir
  3. Surat keterangan berkelakuan baik, tidak terlibat kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba dari sekolah
  4. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter
  5. Pas foto terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar (berwarna)
  6. Surat pernyataan bersedia mengikuti seleksi PPDB serta bersedia mengikuti program RSBI
  7. Surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kab. Ciamis, bagi pendaftar dari luar Provinsi Jawa barat
  8. Surat Keterangan dari kepala sekolah yang menyatakan bahwa calon sedang duduk di kelas IX SMP atau sederajat
  9. SKHUN asli dan foto copy yang sudah dilegalisir 2 lembar (menyusul)
  10. Foto Copy ijasah yang sudah dilegalisir 2 lembar (menyusul)
  11. Biaya pendaftaran masing masing jalur Rp. 70.000,-

KETENTUAN PENDAFTARAN

JALUR SMART (download Formulir)

  1. Nilai rata rata raport untuk semester 1 s.d 5 untuk mata pelajaran Bahasa indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS minimal 80.
  2. Memiliki peringkat pararel pada kisaran 1 s.d 10 selama semester 1 s.d 5 yang dinyatakan dengan surat pernyataan peringkat dari sekolah dan bukti peringkat sekolah.
  3. Memiliki sertifikat kejuaraan prestasi akademik minimal juara 1 s.d 3 tingkat kabupaten.
  4. Mengisi formulir pendaftaran SMART
  5. Melengkapi persyaratan pendaftaran 1 s.d 11
  6. Peserta dinyatakan diterima setelah melalui seleksi administrasi
  7. Peserta yang dinyatakan tidak diterima di jalur SMART akan di didaftarkan ke jalur SAT oleh panitia
  8. Peserta yang dinyatakan tidak lulus ujian nasional/Sekolah dinyatakan gugur.
  9. Berkas dimasukan pada Map warna Merah

JALUR SAT (download Formulir)

  1. Foto Copy raport semester 1 s.d 5 yang sudah dilegalisir.
  2. Mengisi formulir pendaftaran SAT
  3. Melengkapi persyaratan pendaftaran 1 s.d 11
  4. Peserta dinyatakan diterima setelah melalui seleksi administrasi, lulus tes akademik tertulis, lulus wawancara, praktek TIK, dan Bahasa Inggris.
  5. Peserta yang dinyatakan tidak lulus ujian nasional/sekolah dinyatakan gugur.
  6. Berkas dimasukan pada Map warna Kuning

JALUR PORS (download formulir)

  1. Foto Copy raport semester 1 s.d 5 yang sudah dilegalisir.
  2. Mengisi formulir pendaftaran PORS.
  3. Melengkapi persyaratan pendaftaran 1 s.d 11
  4. Peserta dinyatakan diterima setelah melalui seleksi administrasi, lulus tes kecakapan khusus, lulus wawancara, TIK dan Bahasa Inggris
  5. Peserta yang dinyatakan tidak lulus ujian nasional/sekolah dinyatakan gugur.
  6. Berkas dimasukan pada Map warna Biru

MEKANISME PENDAFTARAN

JALUR SMART

  1. Pendaftaran Online dilakukan pada Halaman Pendaftaran PPDB Online SMA Negeri 2 Ciamis, atau Mengisi Formulir Pendaftaran (form-SMART) yang dapat diunduh atau didapatkan langsung di Kampus SMA Negeri 2 Ciamis.
  2. Pendaftar datang ke SMAN 2 Ciamis untuk verifikasi data, dengan membawa tanda bukti pendaftaran online atau Formulir Pendaftaran yang telah diisi lengkap beserta persyaratan umum ( kecuali SKHUN dan Ijazah )
  3. Pendaftar melengkapi persyaratan dengan keterangan peringkat dan piagam kejuaraan akademik (Asli)

JALUR SAT DAN PORS

  1. Pendaftaran Online dilakukan pada Halaman Pendaftaran PPDB Online SMA Negeri 2 Ciamis, atau Mengisi Formulir Pendaftaran (form-SAT/form-PORS) yang dapat diunduh atau didapatkan langsung di Kampus SMA Negeri 2 Ciamis.
  2. Pendaftar datang ke SMAN 2 Ciamis untuk verifikasi data, dengan membawa tanda bukti pendaftaran online atau Formulir Pendaftaran yang telah diisi lengkap beserta persyaratan umum ( kecuali SKHUN dan Ijazah )
  3. Pendaftaran dapat dilakukan secara kolektif oleh sekolah asal masing-masing dengan mengirimkan data pendaftaran melalui e-mail : ppdb@sman2-ciamis.sch.id atau langsung dikirim ke panitia dalam bentuk CD dengan format pendaftaran kolektif dari panitia (bisa diunduh di website smanda) lengkap dengan persyaratan pendaftaran
  4. Pendaftar yang telah memenuhi persyaratan akan menenerima kartu peserta dan jadwal tes. (khusus kolektif, kartu pendaftaran akan diserahkan kepada guru/wakil pendaftar)

download Formulir

Membayangkan Angka "1" Seperti Sebuah Pagar

Membayangkan Angka "1" Seperti Sebuah Pagar




Pertanyaannya : apakah kita bisa seperti itu?

Nampaknya anda semua masih bingung pada pertanyaan ini.

Ilustrasinya seperti ini : ibaratnya kita ingin membuat sebuah pagar bambu yang sangat panjang. Tentulah kita membutuhkan bilahan-bilahan bambu kan? Nah kemudian kita buat bilahan-bilahan itu dengan perjuangan yang berat, mulai dari kita menebang bambu di hutan, kemudian membelahnya, kemudian dipotong-potong, kemudian kita haluskan, barulah setelah itu kita rangkai dengan paku yang tertancap sehingga menjadi sebuah pelindung bagi rumah kita juga apapun gangguan dari luar.


Itu artinya, dalam hidup kita harus melindungi diri kita dari apapun permasalahan hidup.

pertanyaannya apakah kita bisa seperti itu? gimana caranya?

Pertama, hidup itu adalah sebuah perjuangan tang harus ditempuh. Banyak sekali masalah atau sesuatu yang membuat kita tak nyaman dengan keadaan itu. Perjuangannya seperti apa? Seperti halnya bambu tadi/pagar tadi, berawal dari kerja keras, kemudian membentuk proyeksi diri dengan kita memulai dari yang paling dasar dulu. Apa itu?


Adalah ilmu. Yaaa ilmu menjadi aspek sangat penting dalam kehidupan. Kerja keras dengan tekad bulat untuk meraih ilmu akan mendapatkan suatu hasil yang maksimal, sehingga kita "be number one" menjadi yang nomor satu.


Arti nomor satu ini asalah hasil yang dapat menjadikan kita motivator dalam dalam menata kehidupan, menjadi pelindung dalam hidup.


Kemudian kita reflesikan, kita aplikasikan "number 1" ini dalam kehidupan dengan sebuah paku, (ibaratkan paku itu adalah ibadah). Tentunya hal ini dapat menjadi tembok besar bagi kehidupan kita, menjadi pelindung bagi kehidupan kita.


Dengan hal inilah "number 1" menjadi priority penting bagi kehidupan.


posted by : Fiqri FM



Fenomena Teori "Cleb-A" di Kelas Billingual

Fenomena Teori "Cleb-A" di Kelas Billingual


"Cleb-A", seakan semacam teori yang ditemukan seorang penggemar fisika "Ahmad Nurjalal !" yang Tak lain adalah teman sekelas saya. Entah apa maksud teori itu, (menurutnya sih itu sebuah teori..haha) namun seakan teori ini menjadi kobar tawa bagi kami di kelas.


Setiap dia mengatakan "Cleb-A" ini dlam setiap pembicaraannya, kontan itu menjadi sebuah tawa. Entah darimana juga dia dapatkan istilah ini, namun yang didengar istilah teori ino didapatnya dari kejenakaan dia sendiri. Ilustrasinya : ketika pedang ditancapkan kepadanya, maka dia akan berkata/bersuara atau siapapun akan berkata "Cleb => ditancapkan pedang ke tubuh, A => aaa.. Jadi "Cleb-A"

Bahkaaan, bahkan dengan pikirannya itu, dia menginginkan akan adanya domain yang ekstensinya "cleb-a"...hahah aneh bukan..


Hmmm entah apa yang difikirkannya tentang teori ini karna kita juga nggak ngerti.

Tapi dengan teori yang'tak dimengerti' ini, seakan menjadikan warna lain dari kelas kami, yang menjadikan perbedaan dengan yang lainnya.

Tak ada yang seperti kami mungkin...hahahah



CONTOH Karya Tulis Ilmiah Tentang Kebersihan

KARYA TULIS ILMIAH TENTANG KEBERSIHAN

DI SMPN 1 PANUMBANGAN

Oleh Fiqri Fadlillah Mubarok




Kata Pengantar



Syukur Alhamdulillah selalu kita panjatkan kehadirat Allah SWT. atas segala nikmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga penelitian ilmiah berjudulPenanggulangan, Pengolahan dan Pemanfaatan Sampah di SMPN 1 Panumbanganini dapat terselesaikan. Penulis sangat tertarik untuk ikut serta memikirkan masalah lingkungan hidup yang semakin tidak terkendali, khususnya masalah sampah baik secara teknik maupun secara sistemik.


Seiring dengan berkembangnya pembangunan di Indonesia, tidak terasa masalah-masalah lingkungan pun bermunculan, hal ini tentunya tidak dibiarkan demikian saja karena di lain pihak akan menimbulkan dampak yang merugikan. Usaha pemulihan kembali masalah lingkungan memang ada, tetapi usaha itu perlu ditingkatkan lagi, khususnya pada penekanan pengolahan dan sistem yang efektif dan efisien dalam penanganan sampah/limbah yang dihasilkan dari aktivitas kehidupan masyarakat, khususnya dalam menata kembali manajemen operasinya.


Dalam penulisan karya tulis ini, merupakan langkah awal penulis untuk senantiasa peduli dan prihatin dengan permasalahan sampah yang terjadi serta mampu berpikir secara sistemik dalam penanganan sampah dan manajemen operasinya yang semakin menghantui kehidupan manusia. Dan besar harapan penulis, karya tulis ini dapat dijadikan bahan evaluasi dan mendapat tindak lanjut untuk evaluasi pada tahap kegiatan kedepan.



Ciamis, Matet 2011




Penulis


Daftar Isi


Halaman


Kata Pengantar ………………………………………………………………………. 1

Daftar Isi ……………………………………………………………………………… 2

Bab I Pendahuluan …………………………………………………………………... 3

I.1 Latar Belakang ……………………………………………………………..... 3

I.2 Identifikasi Masalah.…………………………………………………….......... 4

I.3 Batasan Masalah ……………………………………………………………... 4

I.4 Perumusan Masalah …………………………………………………………... 4

I.5 Maksud dan Tujuan …………………………………………………………... 4

I.6 Metode Penelitian …………………………………………………………..... 5

I.7 Manfaat Penelitian ……………………………………………………………. 5

I.8 Sistematika Penulisan ………………………………………………………… 5

Bab II Tujuan Pustaka ………………………………………………………………... 7

II.1 Pengertian Kompos ……………………………………………………......... 7

II.2 Pandangan Umum Tentang Sampah ………………………………………… 7

Bab III Hasil dan Pembahasan ………………………………………………………. 9

III.1 Hasil Pengambilan Voting …………………………………………………. 9

III.2 Sumber Sampah …………………………………………………………….. 9

III.3 Sistem Pengelolaan Sampah SMPN 1 Panumbangan Saat Ini ……………… 10

III.4 Tempat Pembuangan Akhir…………………………………………………. 10

III.5 Proses Pengomposan ………………………………………………………... 11

III.6 Manfaat Kompos ……………………………………………………………. 15

III.7 Sistem Manajemen Pengelolaan Sampah di Sekolah ……………………….. 16

III.8 Sistem Pengelolaan Sampah Perlu Diubah …………………………………. 17

Bab IV Kesimpulan dan Saran ………………………………………………………. 19

IV.1 Kesimpulan ……………………………………………………………......... 19

IV.2 Saran ………………………………………………………………………... 19

Gambar-Gambar …………………………………………………………………….... 20

Daftar Pustaka ………………………………………………………………………… 25


Selengkapnya, Download sekarang => disini



DOWNLOAD

DOWNLOAD POWER POINT

Materi Ekonomi Kelas 9
- PBB (Ekonomi)

Download sekarang => disini




- Qodo dan Qadar (PAI)

Download sekarang => disini














Ingin Translate BAHASA INDONESIA ke BAHASA SUNDA???



disini tempatnya!!!

KUMPULAN PUISI 9A

KARYA PUISI 9A


ROMANSA

Loncat ke pasir tak sama dengan loncat ke tanah

Karena buat hati indah

Dengan semilir angin sisi samudera

Owh....benang romansa

Yang terikat tali cinta

Seraya mencekik

Hitamnya Dewa Rahwana

Lihainya sang hati pemburu ketenangan

Meletakakan suara indah

Pada telinga-telinga penjemput bunga-bunga kehidupan

Tak ada maksud meletakkan harum terlalu jauh

Tapi bulan dan bintang pun

terasa ikut ke alam yang kami buat

Tak apa berenang dalam surga dunia

Dengan melihat indahnya ombak

Sekali saja menari dalam ombak kebahagiaan

Untuk mencari arti persahabatan

Seribu kali kau kan temukan arti kasih sayang

Sesama teman

AHMAD NURJALAL


MALAM YANG INDAH

Bulatnya si merah

Tampak dari ujung barat

Angin bertiup sepoi-sepoi

Nyiur pun melambaikan tangannya

Menikmati panorama langit

Yang indah

Detik demi detik si merah pun mulai terbenam

Warna langit yang kuning kemerahan

Akan terganti dengan warna hitam malam

Udara dan suasana yang dirasakan

Sangat berbeda dari yang kurasa

Dinginnya malam di sisi pantai

Membuat bulu tubuhku berdiri

Rumah kecil beratapkan parasit

Yang berbentuk segitiga menemaniku

Di malam ini

Hangatnya tubuh terasa di saat

Kumpulan kayu yang mengeluarkan si jago merah

Lantunan lagu-lagu merdu menghiasi malam

Tangan yang bertepuk ramai

Menghangatkan suasana

Seru, ramai, dan hangat yang kurasakan

Kebersamaan membuatku merasa senang dan gembira

Tak terasa hari pun semakin malam

Tenda-tenda yang berdiri di sisi pantai

Siap untuk dihuni

Dengan jaket yang tebal

Dapat melenyapkan tidurku

AJENG APRIANITA

Malam itu tak akan kulupakan


KEMELUT KEHANGATAN

Sang Dewi

Malah termangu

Batu karang

Ikut membisu

Dan Sang Ombak

Turut membeku

Bisu!!

Beku!!

Angin semilir berlalu

Mengyeru

Yaa mereka layu!!!

Menjadi saksi bisu

Mengelototi pertunjukan sendu

Yang terkuak dalam kalbu

Dan masing-masingnya

Meletakkan di relung terdalam

Dawai gitar sungguh merayu

Dendang anak sungguh mendayu

Dalam kehangatan

Melantunkan kisah cumbu

Untuk semua yang kecandu

Dalam kepekatan

Mereka larut dalam kemelut

Kisah anak sungguh merajuk

ASTRIANI A. L




KEINDAHAN PANTAI MALAM

Rembulan bercahaya terang

Keindahan alam sangat menakjubkan

Aku tertegun dan kagum

Melihat pemandangan malam

Ombak berlari kejar-mengejar

Berkilau disinari rembulan

Cahaya api unggun berkobar di tengah malam

Menghiasi pemandangan malam

Indahnya kebersamaan...

Hangatnya kedamaian...

Senangnya keramaian...

Kagumnya perasaan...

Lama kita bernyanyi dan berdendang

Diiringi petikan gitar yang merdu

Bersama kemesraan angin yang berhembus

Disela-sela malam yang menjadi kenangan

Kagum, indah, dan menakjubkan

Menatap pemandangan malam yang mempesona

Itulah ciptaan-Mu... Tuhan

KEBERSAMAAN MENJADI KENANGAN YANG INDAH

Hangatnya malam di tepi pantai

Serasa menyelimuti kebersamaan kami

Di tengah kegelapan malam

Bulan bercahaya dan tersenyum

Melihat wajah-wajah kegembiraan kami

Suara gitar nan merdu

Seakan mengajak kami untuk menyanyi

Gemuruh ombak pun

Seakan mengikuti kami bernyanyi

Lautan baru nan cantik

Seakan

Menjadi saksi dari kebersamaan ini

Aku tak akan melupakan

Kejadian yang indah ini

Dan akan menjadi kenangan

Hingga azal menjemputku

SENANDUNG MALAM

Rembulan bak intan di langit gelap

Dengan bintang yang kemerlap

Deburan ombak yang menyapu gundah

Namun membangkitkan gairah

Dengtingan nada gitar

Menjerit begitu menggelegar

Menyapa jiwa-jiwa yang terkapar

Untuk menari layaknya camar

Tawa, bernyanyi dan menari

Di pesisir permadani biru yang tampak lari

Dingin angin yang menyelimuti malam

Menusuk nadiku yang paling dalam

Sepercik si merah yang menyala, dan

Bergandengan bersama sahabat

Semua tampak lebih hangat

Semua terpadu laksana senandung malam

Seiring tarian jarum jam

Malam tambah mencekam

Rembulan pun ikut kelam

Dan jiwa-jiwaku terpejam

ENOK S. F


SOROT PERMADANI DI UFUK BARAT



Bulan, engkau laksana mahapatih di kesunyian dan kegelapan malam

Kau beri kehangatan di tengah-tengah desir ombak

yang menghantam pori-pori yang usam,

menusuk batang-batang jiwa yang keropos ini

Tatapan mesra wajahmu, semakin membuat kami hanyut

akan romansa kebersamaan

Engkau bak tabib yang mengobati raga

yang mulai dangkal ini

dengan radiasi penyelimut jiwa,

penyejuk ketenangan kalbu

Disaat letupan dawai-dawai kemesraan menghujam gendang telinga ini, kau lantunkan pula sorot indah bentukmu

kepada sang penikmat keindahan ini

Kami gundah..

Kami gelisah…

Ketika awan hitam seakan menutupi rupamu nan elok, menutupi sorot indah tatapanmu yang lancip

Batu karang, penghuni hamparan luas samudera biru ini

seolah melambai-lambai mengharamkan kau pergi

dari sudut fokus indera ini

Tuhan,

Jangan kau rampas permadani indah di kegelapan ini

Tetaplah kau disisiku

FIQRI F. M



Selengkapnya, Download sekarang => disini



Ada kesalahan di dalam gadget ini